6 Aplikasi Terbaik untuk Tingkatkan Fokus dan Anti Stres

Ilustrasi fokus ( KalderaNews/Ist)
Ilustrasi fokus ( KalderaNews/Ist)

JAKARTA, KalderaNews.com – Sering lupa dan tidak fokus sangat mengganggu kenyamanan aktivitas sehari-hari. Kamu merasa tidak produktif dan cenderung merasa bersalah karena tidak melakukan sesuatu secara maksimal. Di era digital yang menuntut kecepatan, fokus menjadi hal utama dalam beraktivitas.

Jika merasa otakmu tidak segar, kayaknya kamu harus mengasahnya dengan cara yang tidak membosankan. Rasa bosan dapat menimbulkan stres, sehingga kamu tidak tenang ketika berpikir. Coba 6 aplikasi ini untuk tingkatkan fokus dan mengurangi stres.

Focus Booster

Aplikasi ini secara khusus didasarkan pada teknik pomodoro, sistem manajemen waktu yang memecah tugas menjadi blok-blok waktu yang dipisahkan oleh jeda singkat. Sejak pembuatannya di tahun 80-an, teknik ini paling sering dilakukan dengan pengatur waktu dapur.

BACA JUGA:

Menurut aturan teknik, aplikasi memecah tugas kamu menjadi sesi 25 menit (“pomodoros”), masing-masing diikuti dengan jeda lima menit. Setelah empat kali pomodoro, kamu beristirahat lebih lama, 15 hingga 20 menit.

Teknik ini bertujuan untuk membuat pikiran kamu segar dan gesit saat kamu bekerja. Jika kamu adalah tipe orang yang terlalu fokus dua jam berturut-turut sampai mata berkunang-kunang, maka sistem yang lebih teratur ini dapat membantu kamu lebih terstruktur dan mendapatkan waktu istirahat.

Forest

Aplikasi untuk Android dan IOS ini menggabungkan ASMR (Autonomous Sensory Meridian Response), ketenangan, dan cinta lingkungan. Adanya suara ASMR alam, seperti hujan, membuatmu merasa ada di sekitar hutan yang tenang. Kamu akan merasa terbantu untuk fokus pada kegiatan menanam pohon virtual.

Aplikasi untuk tingkatkan fokus ini menggunakan teknik Pomodoro. Pohon akan tumbuh setiap 25 menit sekali dengan kurun waktu 4 kali. Lalu, kamu beristirahat selama 5 menit, kemudian melanjutkan kembali 25 menit untuk fokus. Langkah tersebut terus diulang empat kali hingga akhirnya bisa istirahat lebih lama. Semakin banyak pohon virtual yang tumbuh, maka konsentrasimu semakin bagus.

FocusWriter

Aplikasi gratis ini dapat diakses pada komputer atau laptop Mac, Windows, dan Linux. Kamu harus mengunduh perangkat lunaknya sebelum menulis sesuatu. Enaknya, aplikasi ini menyatu dengan warna layar sehingga mengurangi distraksi mata.

Kamu dapat memilih berbagai tema, dari layar yang benar-benar abu-abu dengan tulisan hitam, layar di atas gambar latar belakang yang menenangkan, hingga tampilan retro. Ada fitur pengatur waktu dan alarm, tujuan harian, dan efek suara mesin tik untuk mendapatkan inspirasi.

Lumosity

Aplikasi gratis ini tersedia untuk IOS dan Android. Ini merupakan permainan otak yang menyenangkan dan menarik. Bukan hanya mengasah otak, tetapi juga melatih ketenangan dalam berpikir. Aplikasi ini memiliki beberapa kategori, yaitu memori, perhatian, pemecahan masalah, kecepatan pemrosesan, dan fleksibilitas.

Permainan cukup mudah untuk diikuti. Ada perasaan senang ketika mendapatkan skor tinggi dan konsisten. Ingatlah, bahwa konsisten merupakan hal sulit, bahkan untuk permainan yang cukup mudah. Jadi, jangan lupa latihan terus menerus, ya!

Happify

Sekali mencoba aplikasi ini, maka kamu akan merasa bersyukur setiap hari. Aplikasi ini membantu kamu untuk mengasah otak sekaligus mengurangi stres. Ada permainan untuk membangun sifat ketahanan, mengatasi stres, lebih berempati kepada orang lain, dan mengembangkan rasa syukur.

Aplikasi ini tersedia untuk IOS dan Android. Bukan hanya itu, aplikasi ini membuat laporan kemajuan kamu untuk kehidupan yang lebih bahagia dan damai.

NeuroNation – Focus and Brain Training

Aplikasi hebat ini diciptakan oleh tim dari Free University of Berlin, Edith Cowan University, dan Medical School Hamburg. Jika kamu merasa ingin meningkatkan kecepatan berpikir logika, maka aplikasi ini jawabannya. Aplikasi ini mengasah kamu untuk fokus, berpikir kritis, berpikir cepat, hingga meningkatkan memori. Aplikasi ini tersedia untuk Android dan IOS.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*