5 Rutinitas Agar Kualitas Pribadi Guru Jadi Lebih Baik Saat Pandemi Covid-19

Ilustrasi rutinitas malam usai mengajar (KalderaNews/Ist)
Ilustrasi rutinitas malam usai mengajar (KalderaNews/Ist)

JAKARTA, KalderaNews.com – Pandemi Covid-19 membuat para guru harus mengajar daring dari rumah. Terkadang, bekerja dari rumah lebih melelahkan daripada di kantor. Seringkali tidak ada batasan untuk diri sendiri dan pekerjaan ketika mengajar dari rumah. Orang-orang menyangka bahwa guru siap 24 jam/7 di masa pandemi ini, padahal ia juga manusia biasa.

Supaya tidak tergopoh-gopoh, cobalah terapkan 5 rutinitas sederhana ini secara teratur. Rutinitas tersebut membantu guru untuk mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik. Dengan demikian guru lebih menikmati pekerjaannya.

Bersihkan Ruang Kerja

Jika guru mengajar dari rumah, luangkan waktu malam sebelumnya untuk merapikan ruang kerja. Tempelkan Post It untuk aktivitas di hari berikutnya. Selagi bersih-bersih, putar musik favorit Anda dan ikut bernyanyi. Ini mungkin terdengar konyol, tetapi bagian dari rutinitas malam adalah melepaskan stres dan ketegangan dari hari itu. Jangan khawatir, tidak ada murid yang menonton.

BACA JUGA:

Luangkan Waktu untuk Diri Sendiri


Banyak yang harus diselesaikan setelah sekolah usai. Jika memiliki anak, Anda membantu mereka mengerjakan pekerjaan rumah, bermain, dan mengambil mainan. Meskipun begitu, jangan lupa meluangkan waktu untuk diri sendiri. Anda bisa melakukan hobi seperti membaca. Bacalah beberapa halaman dari buku Anda sukai. Cara lain yaitu buatlah jurnal selama beberapa menit atau gambar.

Jurnal yang dimaksud bukanlah penelitian, melainkan ringkasan atau jawaban mengenai hal yang Anda rasakan pada hari itu. Kadangkala disebut sebagai diari yang disertai resolusi untuk pribadi yang lebih baik.

Singkirkan Ponsel Sebelum Tidur


Sulit untuk tertidur jika Anda menggulir media sosial di ponsel. Anda malah melihat ponsel lebih lama daripada saat mengajar secara daring. Memegang telepon pintar usai bekerja tidak membantu Anda istirahat, terutama jika ingin lebih mudah tertidur.

Jangan khawatir tentang FOMO (Fear Of Missing Out). Perasaan tersebut muncul akibat takut ketinggalan informasi terbaru, seperti berita atau tren. Selama pandemi, tidak ada yang bisa pergi ke mana pun atau melakukan banyak hal saat ini. Jadi, singkirkan ponsel sebelum tidur supaya bangun tidur lebih segar.

Pikirkan tentang apa yang Anda Syukuri Selama 30 Detik


Jika Anda merasa pikiran bising dan tidak henti-hentinya bertanya, maka heningkan suara itu dengan rasa syukur. Fokus pada napas Anda. Saat Anda menarik napas, pikirkan “Saya”, dan saat Anda menghembuskan napas, pikirkan “bersyukur”. Setelah Anda menenangkan pikiran, biarkan diri Anda membayangkan orang, tempat, dan hal-hal yang Anda syukuri.

Pergilah ke Tempat Tidur dan Diam


Guru merupakan pekerjaan yang menuntut secara fisik dan emosional, di mana tidak ada banyak ketenangan atau keheningan. Saat Anda naik ke tempat tidur, bersikaplah nyaman dan cobalah untuk diam. Pijat telapak tangan, telapak kaki, atau leher untuk santai sesaat. Tarik napas dalam-dalam dan bersiaplah untuk tidur. Jauhkan diri dari ponsel, jangan mudah tergoda untuk membuka aplikasi sebelum tidur.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*