Dear Warganet, Hati-Hati Membagikan Screenshot Percakapan, Bisa Dilaporkan!

Ilustrasi: Fenomena buzzer di media sosial. (Ist.)
Ilustrasi: Fenomena buzzer di media sosial. (Ist.)

JAKARTA, KalderaNews.com – Sebagai pengguna media sosial, mungkin kamu sering melakukan tangkapan layar alias screenshot, untuk kemudian dibagikan lagi melalui media sosial. Meski ini hal sepele, tapi jangan main-main ya, karena ini bisa menjadi bukti pelanggaran bila disimak dari sisi hukum.

BACA JUGA:

Kamu yang sering membagikan screenshot percakapan ke publik harus lebih berhati-hati. Lantaran, membagikan tangkapan layar percakapan yang bersifat pribadi bisa menjadi kasus hukum, apabila lawan bicara tidak menerima adanya unggahan tersebut dan mengajukan gugatan.

Sebenarnya, melakukan screenshot percakapan tak boleh dilakukan, demikian ditegaskan pakar hukum siber Universitas Padjadjaran, Sinta Dewi.

Pun membagikan screenshot percakapan ke publik sebaiknya dihindari, apalagi bila percakapan tersebut bersifat pribadi. Dari sisi hukum, ini jelas bersalah. Hal ini juga tak etis dilakukan dalam bermedia sosial.

Sinta menegaskan, tangkapan layar dari sebuah percakapan bisa menjadi alat bukti yang sah di mata hukum jika hal percakapan yang dibagikan itu dilakukan antarpribadi serta tak ada kesepakatan untuk memublikasi percakapan. Selain menghindari menyebarluaskan bukti percakapan, pengguna media sosial juga jangan asal membagikan nomor telepon ke orang lain tanpa ijin sang pemilik nomor.

Jika kamu ingin membagikan nomor kontak kepada orang lain, sebaiknya melakukan konfirmasi terlebih dahulu kepada pemilik nomor. Jika yang bersangkutan mengijinkan, silakan dibagi. Tapi jika tidak, jangan dibagi, kata Sinta.

Sinta juga berpesan, agar pengguna media sosial tidak sembarangan saat membagikan informasi. Wajib meneliti terlebih dahulu validitas sumber informasi tersebut. Maka, penting bagi pengguna media sosial untuk memiliki kemampuan literasi digital agar terhindar dari penyebaran hoaks, ujarnya.

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan di-share pada saudara, sahabat, dan teman-temanmu!




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*