Kedelai Langka, Badan Nuklir Hasilkan 2 Varietas Unggul

Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) melalui Pusat Aplikasi Isotop dan Radiasi (PAIR) menghasilkan 2 varietas kedelai unggul, Sugentan 1 dan Sugentan 2. Sugentan merupakan kependekan dari Super Genjah BATAN. Ini adalah varietas kedelai hasil perbaikan dari varietas Argomulyo.

Kelangkaan kedelai memicu kenaikkan harga. Badan Nuklir Nasional berhasil menciptakan benih unggul.

BACA JUGA:

Kepala BATAN, Anhar Riza Antariksawan mengatakan, kurangnya pasokan kedelai pasti memicu kenaikkan harga kedelai di pasaran sehingga berdampak pada produksi makanan berbahan baku kedelai. Kedelai itu merupakan salah satu bahan pangan yang sangat dibutuhkan sebagian besar masyarakat Indonesia, apalagi kedelai terkait erat dengan makanan yang banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia, yaitu tempe, tahu, dan kecap, katanya.

Sebagai lembaga penelitian, BATAN melihat hal ini juga sebagai momentum untuk kembali menguatkan program swasembada kedelai secara nasional. Permasalahan ketersediaan benih unggul, lahan, dan harga kedelai perlu dicarikan solusi oleh semua kementerian dan lembaga yang terkait, tambahnya.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*