Empat Dewa Ini Simbol Keberuntungan Tiongkok Kuno

Empat Dewa Simbol Keberuntungan Tiongkok
Empat Dewa Simbol Keberuntungan Tiongkok (KalderaNews/Arli Cia)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Tiongkok kuno memiliki keyakinan bahwa qilin, phoenix, kura-kura dan naga adalah binatang yang memiliki sifat dewa. Mereka pun menyebut empat dewa ini sebagai simbol keberuntungan.

Menariknya kecuali kura-kura, sebenarnya jenis binatang lainnya itu ada dalam legenda yang secara riil tidak ada. Jadi ketiga binantang tersebut yakni qilin, phoenix, dan naga merupakan hasil atai ciptaan dari imajinasi.

BACA JUGA:

Berikut ini penjelasan masing-masing binatang yang dikatakan sebagai empat dewa simbol keberutungan tersebut seperti dikutip dari situs belajartionghoa.com

1). Qilin (kirin)

Binatang ini bertubuh rusa yang diselubungi oleh zirah. Kepalanya tumbuh tanduk panjang dan di atas tanduknya ada gumpalan daging. Kakinya seperti kaki kuda, ekornya seperti ekor sapi. Qilin dianggap sebagai makhluk yang memiliki sifat moral baik. Raja-raja selalu menganggapnya sebagai lambang kedamaian dan kemakmuran. Di istana dan taman Yihe di Beijing, qilin selalu dapat dijumpai. Ia ada di ukiran tembaga, juga di ukiran batu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*