Ikon WiFi Laptop Mendadak Hilang? Gunakan 3 Cara Ini untuk Mengatasinya




Ilustrasi WiFi (KalderaNews.com/Ist)
Ilustrasi WiFi (KalderaNews.com/Ist)

JAKARTA, KalderaNews.com – Untuk mendukung proses belajar atau kerja dari rumah, koneksi internet pada laptop sangatlah penting.

Namun bagaimana jadinya jika ikon Wifi pada laptop mendadak hilang dan tidak bisa tersambung dengan internet? Sangat menjengkelkan dan kamu bisa kehilangan waktu mengikuti kelas online.

Jangan panik dan khawatir, tim Kaldera telah merangkum 3 solusi jitu atasi wifi yang hilang berikut ini:

1. Periksa Adapter WiFi

Ikon WiFi yang mendadak hilang tentu membuat kamu bingung, cara pertama untuk mengatasi masalah ini adalah dengan memerika adapter WiFi.

Untuk mengeceknya, kamu dapat mencari Control Panel > Network and Internet > Network and Sharing Center.

Setelah itu, kamu dapat klik pada menu “Change Adapter Settings” di sebelah kiri dan akan muncul driver Wifi yang terpasang pada perangkat. Biasanya pada driver WiFi akan tertera tulisan “Disabled”, untuk menyalakannya kembali klik kanan pada kursor lalu pilih “Enabled”. Ikon WiFi pun akan kembali dan dapat digunakan seperti sedia kala.

BACA JUGA:

2. Install Ulang atau Perbaharui Driver WiFi

Jika cara pertama belum berhasil, kemungkinan driver atau adapter WiFi yang terpasang pada laptop adalah versi lama. Agar dapat kembali digunakan seperti semula, driver/adapter harus di-update ke versi baru atau uninstallnya untuk kemudian dipasang lagi.

Untuk menemukan pengaturannya, cari menu Device Manager pada laptop. Kemudian setelah muncul nama driver/adapter WiFi klik kanan lalu pilih opsi “Update” atau “Uninstall”. Setelah berhasil, langkah terakhir adalah restart laptop agar driver/adapter terpasang kembali.

3. Aktifkan Visibilitas Ikon WiFi

Cara terakhir yang dapat dicoba adalah dengan mengaktifkan visibilitas ikon WiFi. Tanpa disadari mungkin saja ikon WiFi hilang karena dinonaktifkan dari taskbar.

Untuk mengembalikannya, coba klik kanan pada desktop lalu pilih menu “Personalize“. Setelah itu, pada tempilan settings pilih menu “Taskbar” pada bagian paling bawah di sebelah kiri.

Pada taskbar pilih menu “Turn System Icons On or Off”, dan pastikan slide bar network dalam keadaan menyala. Jika ternyata mati, kamu cukup menggeser slide bar ke kiri sampai lampu indikasi menyala.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*