Tumbuhkan Kewirausahaan Baru, Pemprov DKI Gandeng 4 Perguruan Tinggi Swasta




Ilustrasi orang belanja di toko serba ceban (KalderaNews/Ist)
Ilustrasi orang belanja di toko serba ceban (KalderaNews/Ist)

JAKARTA, KalderaNews.com – Pemprov DKI Jakarta menggandeng 4 (empat) Perguruan Tinggi untuk pengembangan kewirausahaan terpadu bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang tergabung dalam Jakpreneur.

Keempat Perguruan Tinggi tersebut adalah Perbanas Institute Jakarta, Universitas Persada Indonesia YAI, Universitas Muhammadiyah Jakarta dan Universitas Prof. Dr. HAMKA (UHAMKA).

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas PPKUKM, Andri Yansyah menyampaikan bahwa salah satu misi Gubernur Provinsi DKI Jakarta 2017 – 2022 adalah menjadikan Jakarta sebagai tempat wahana aparatur negara yang berkarya, mengabdi, melayani, serta menyelesaikan berbagai permasalahan kota dan warga, secara efektif, meritokratis, dan berintegritas.

BACA JUGA:

Misi tersebut dimaksudkan agar aparatur negara juga tidak hanya mampu bekerja secara efektif dan berintegritas, namun juga mampu mewujudkan tata pemerintahan yang inklusif, terbuka, dan kolaboratif.

Ia menjelaskan kalau kegiatan ini bertujuan menumbuhkembangkan potensi kewirausahaan dengan mendorong dan memfasilitasi penciptaan wirausaha di Provinsi DKI Jakarta dan meningkatkan kualitas dan pendayagunaan sumber daya manusia sebagai wirausaha melalui pemanfaatan teknologi dan sumber daya lokal agar memiliki keunggulan kompetitif bagi penguatan ekonomi Provinsi DKI Jakarta.

Selain tujuan itu ada juga tujuan lain untuk mengurangi penggangguran dan kemiskinan melalui peningkatan kesempatan berwirausaha dan meningkatkan jumlah wirausaha yang mandiri, berkualitas, tangguh, dan handal melalui pengembangan skala usaha produktif, baik yang dikelola perorangan maupun kelompok.

Andri Yansyah berharap kegiatan kolaborasi dengan Perguruan Tinggi ini dapat memantik tumbuhnya geliat Usaha Kecil Menengah dan Industri Kecil Menengah (UKM/IKM) yang telah menggerakan lebih dari 90% roda perekonomian Jakarta, terutama terkait penyerapan ketenagakerjaan. UKM/IKM juga memegang peranan kunci dalam pertumbuhan ekonomi, pengurangan pengangguran, dan pengentasan kemiskinan.

Kolaborasi dengan Perguruan Tinggi ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi terutama terkait penyerapan ketenagakerjaan.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu!




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*