Mawar Hartopo: Guru Sebaiknya Tahu Ada Bullying di Kelas

Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Kudus, Mawar Hartopo
Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Kudus, Mawar Hartopo (KalderaNews/Pemprov Jateng)
Sharing for Empowerment

KUDUS, KalderaNews.com – Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Kudus, Mawar Hartopo menegaskan persahabatan anak dengan teman sebaya pada dasarnya penting untuk dukungan moril anak. Sebab, teman sebaya dapat menjadi tempat berkeluh kesah yang baik.

Ia menambahkan teman sebaya cenderung lebih memahami permasalahan, karena mereka selalu bersama di sekolah. Adanya kesamaan perasaan juga dapat memengaruhi kedekatan dengan teman sebaya.

BACA JUGA:

“Biasanya anak itu kalau ada masalah di sekolah, cenderung mengungkapkan ke temannya. Tak bisa dipungkiri, itu karena mereka selalu bersama di sekolah,” terangnya dalam workshop Peer Group Konsultan (PGK) Kabupaten Kudus 2021 di Dinas Sosial P3AP2KB pada Rabu, 10 Maret 2021.

Oleh sebab itu ia menyampaikan menjadi tugas seorang guru untuk memperhatikan para murid di sekolah. Peran guru tidak hanya memberikan materi pembelajaran, namun juga membentuk karakter anak di sekolah. Guru diminta peka terhadap kondisi kelas yang diajar, sehingga kegiatan belajar mengajar (KBM) berjalan aman dan lancar.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*