Mahasiswa, Ini 5 Kesalahan Financial Planning yang Harus Dihindari di Usia Muda

Sharing for Empowerment

5. Membeli Mobil Tanpa Perencanaan

Masih banyak anak muda yang menganggap mobil sebagai prestige agar mudah bergaul. Akhirnya tergiur dengan harga mobil murah dan membeli tanpa melihat kemampuan finansial.

Meskipun harganya murah, kamu juga harus mempertimbangkan uang bensin, perawatan mobil, surat-surat, asuransi, dan cicilan yang harus dibayar setiap bulannya.

Jika kamu masih bisa bepergian dengan kendaraan umum atau sudah memiliki motor sebaiknya tunda keinginan membeli mobil. Pastikan kamu telah memiliki status finansial yang stabil sebelum memutuskan untuk membelinya.

6. Tidak Mulai Belajar Berinvestasi

Menabung memang kebiasaan yang baik. Namun, jumlah uangmu akan tidak akan berubah banyak padahal inflasi terus berjalan. Karena itu, jangan menutup mata dan mulailah belajar berinvestasi sejak dini.

Kamu bisa belajar berinvestasi pada instrumen rendah risiko seperti deposito atau membeli emas. Jika sudah mahir dan menguasai betul kamu dapat mencoba berinvestasi pada reksadana pasar uang atau saham.

7. Mengabaikan Masa Pensiun

Sibuk memikirkan kehidupan saat ini membuat banyak anak muda melupakan hari tua mereka. Meskipun masih lama, jangan lupa untuk menyiapkan dana pensiun.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*