Mahasiswa, Ini 5 Kesalahan Financial Planning yang Harus Dihindari di Usia Muda

Ilustrasi Menabung (KalderaNews.com/Ist)
Ilustrasi Menabung (KalderaNews.com/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Saat kecil, banyak orang ingin cepat dewasa agar bisa menghasilkan uang dan membeli apapun yang mereka inginkan. Namun sayangnya, mimpi itu sering kali tidak diimbangi dengan pendidikan financial planning yang baik sejak dini.

Akibatnya, memasuki jenjang perkuliahan banyak mahasiswa yang mengaku kesulitan dalam mengatur keuangan. Banyak di antaranya sulit menyeimbangkan antara pengeluaran, pemasukan, dan tabungan.

Nah, agar tidak terjebak dalam masalah finansial di kemudian hari, 5 kesalahan financial berikut ini harus kamu hindari:

1. Hidup Tanpa Membuat Rencana & Prioritas Keuangan

Memiliki banyak impian tentu sangat baik. Tapi, tanpa perencanaan dan prioritas yang jelas, maka semua itu akan sulit dicapai. Sebagai contoh, jika kamu ingin mengikuti beasiswa 2 tahun lagi, maka buatlah rancangan keuangan seperti pemasukan dan pengeluaran apa saja yang mungkin terjadi.

Dengan menentuan target dan prioritas keuangan, selanjutnya kamu dapat menentukan cara menghemat uang atau menambah penghasilan untuk mendukung mimpimu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*