Mahasiswa, Ini 5 Kesalahan Financial Planning yang Harus Dihindari di Usia Muda

Sharing for Empowerment

BACA JUGA:

2. Tidak Memiliki Kontrol Pengeluaran

Gaya hidup sering dijadikan alasan mengapa anak muda sulit mengatur keuangan. Sulit menolak ajakan nongkrong atau membeli kopi kemasan setiap hari yang sebenarnya bukan kebutuhan mendasar membuat banyak pengeluaran sia-sia.

Karena itu, mulailah belajar untuk mengontrol diri saat mengeluarkan uang. Sebelum belanja, pikirkan kembali apakah hal tersebut benar-benar dibutuhkan atau hanya keinginan sesaat.

3. Terjerat Pinjaman dan Kartu Kredit

Kesalahan lain dalam financial planning yang sering tidak disadari adalah mudah membeli barang dengan kartu kredit atau pay later. Jika tidak memiliki kemampuan mengelola uang yang baik, hal tersebut akan membuatmu terbiasa berhutang.

Jika utang menumpuk dan terus mengandalkan kartu kredit, maka besar kemungkinan selamanya kamu akan hidup dengan sistem gali lubang tutup lubang.

4. Tidak Menyiapkan Dana Darurat

Selain memiliki tabungan untuk berbagai keperluan di masa depan, kamu juga harus menyiapkan dana darurat. Hal ini sangat penting dan berguna jika kamu bertemu kondisi mendesak seperti sakit atau kecelakaan.

Jika tidak memiliki dana darurat, orang akan cenderung berhutang atau menggunakan tabungan sebagai solusi dan akhirnya membuat hidup tidak tenang.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*