Simpang Siur, Asal Usul Dongeng 1001 Malam yang Masyhur Itu

arabian night, dongeng 1001 malam
Cerita-cerita tentang malam memang menarik untuk disimak. (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Kisah 1001 malam merupakan salah satu kisah yang terkenal di dunia. Aladdin dan lampu ajaibnya masyhur hingga pelosok dunia dan dibuat film dalam bentuk kartun maupun live action adalah salah satu kisah dalam dongeng 1001 malam itu.

Belum ditemukan penulis pasti dari kisah 1001 malam itu. Namun, nama Abu Abdullah bin Abdus Al-Jasyayari sering disebut sebagai penulis kisah ini. Dongeng 1001 malam ditulis oleh Al-Jasyayari dalam buku Alf Layla wa-Layla berbahasa Arab ini disebut-sebut berasal dari Hazar Afsanah.

BACA JUGA:

Ada pendapat lain yang mengatakan bahwa kisah ini berasal dari Persia. Kisah yang dalam bahasa Persia berjudul Hezar-o yek sab disebutkan sebagai kumpulan kisah yang ditulis oleh banyak pengarang dan penerjemah serta ditulis selama berabad-abad lamanya.

Sejarah lain menyebutkan Antoine Galland yang asalnya dari Perancis menerjemahkan kisah Sinbad pada akhir tahun 1600-an ke dalam bahasa Perancis. Setelah karyanya selesai ditulis, dia melanjutkan menerbitkan Alf Layla wa-Layla dalam 12 seri buku yang bekerjasama dengan sejarawan asal Suriah pada awal 1700-an.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*