5 Tips Maksimalkan Google Meet, Bikin Kelas Online Lebih Seru




Ilustrasi Google Meet (KalderaNews.com/Ist)
Ilustrasi Google Meet (KalderaNews.com/Ist)

JAKARTA, KalderaNews.com – Untuk menunjang kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) selama pandemi, banyak aplikasi tatap muka online digunakan salah satunya Google Meet.

Aplikasi komunikasi berbasis video yang diluncurkan Google 2017 silam ini sangat membantu para pengajar dan siswa karena dapat digunakan gratis baik di laptop atau ponsel.

Untuk menggunakannya juga sangat mudah. Saat log in ke akun Google pada perangkat elektronik, maka otomatis kamu dapat menggunakan Google Meet.

Tapi tahukah kamu, ada banyak fungsi pada Google Meet yang dapat membuat belajar jadi lebih seru? Melansir Digital Trends, berikut rangkumannya:

1. Variasi Layout Meeting

Saat menggunakan Google Meet, biasanya layar laptop atau ponsel akan menunjukkan presentasi dari guru atau salah satu peserta kelas. Namun, kamu dapat mengubah tampilan/layout dengan cara klik tombol ‘more options‘ dengan ikon titik tiga di pojok kanan bawah layar dan pilih ‘change layout‘.

Akan tersedia beberapa pilihan dan kamu juga dapat mengatur berapa banyak peserta kelas online yang ingin terlihat di layarmu.

BACA JUGA:

2.Mengaktifkan Fitur Penerjemah Bahasa

Fitur lain yang dapat dimanfaatkan adalah caption atau penerjemah bahasa. Ketika kamu mengikuti kelas bahasa asing seperti Spanyol dan merasa bingung atau terlalu cepat memahami ucapan gurumu, gunakan fitur caption.

Caranya mudah, klik ‘more option‘ lalu pilih ‘caption‘. Setelah itu akan muncul beberapa pilihan bahasa seperti Bahasa Inggris, Perancis, Jerman, Brazil, dan Spanyol. Caption yang dipilih nantinya akan muncul di layar semua peserta kelas.

Namun perlu diingat, fitur ini tidak dapat digunakan jika pertemuan dilakukan dalam mode rekam.

3. Mengontrol Peserta Meeting

Sering merasa terganggu dengan teman yang mengobrol sepanjang kelas online? Dengan Google Meet kamu dapat mematikan mikrofon temanmu dengan fitur muted. Sangat mudah, pindahkan kursor pada foto salah satu peserta lalu klik ikon mikrofon yang berada di tengah foto.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa gunakan fitur ‘pin to screen’ pada salah satu peserta untuk memunculkannya sebagai objek utama di layarmu. Contohnya saat guru atau dosen sedang presentasi, kamu dapat gunakan fitur ini agar materi yang sedang disampaikan dapat memenuhi layar.

4 Fitur Polling

Ketika melakukan diskusi kelas dan membutuhkan pemilihan suara untuk mengambil keputusan, gunakan fitur polling. Untuk menggunakannya, pertama klik ikon ‘activities’ di pojok kanan atas layar > pilih polls > start a poll > isi kolom kosong dengan pertanyaan dan pilihan jawabannya > klik launch.

Setelah moderator menekan tombol ‘launch’ peserta Google Meet lainnya dapat memberikan suara dengan cara klik activities > beri suara. Saat semuanya telah melakukan polling, hasilnya akan dikirimkan pada moderator melalui email.

5. Membuat Grup Kecil

Dalam kelas saat belajar di sekolah guru biasanya akan membagi siswa ke dalam kelompok kecil untuk diskusi. Melalui Google Meet, hal itu dapat dilakukan dengan fitur ‘breakout rooms‘.

Caranya, moderator dapat memilih opsi activities > breakout rooms > set up breakout rooms > pilih jumlah grup kecil yang akan dibuat dan waktunya > atur peserta dalam setiap grup kecil lalu klik save.

Saat waktu yang ditentukan selesai, maka grup kecil akan berakhir dan semua peserta meeting kembali ke ruangan utama. Fitur ini sangat menyenangkan dan memudahkan diskusi kelompok lebih fokus.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*