Belajar Fisika Itu Mudah, Begini Tip Jitunya!

rumus fisika, belajar fisika,
Belajar dan hafal rumus fisika diperlukan pemahaman konsep materinya. (KalderaNews/Ist)

JAKARTA, KalderaNews.com – Fisika adalah salah satu pelajaran yang kerap dihindari, padahal Fisika merupakan pelajaran penting yang berkaitan dengan lingkungan sekitar. Kehidupan kita sehari-sehari hampir selalu berkaitan dengan Fisika ini.

Meskipun pelajaran penting, tetapi Fisika ini tampak sulit. Ada beberapa alasan Fisika dikatakan sebagai pelajaran yang sulit. Alasan tersebut antara lain: tidak memahami materi yang diajarkan guru, terlalu banyak rumus yang dihafal, bingung dengan penggunaan rumus, waktu belajar yang kurang, gurunya killer dan kurang asyik.

BACA JUGA:I

Beberapa tip jitu ini dapat dicoba untuk membuatmu mahir dalam Fisika:

Minta Guru Mengulang Materi

Kalau kamu menyimak materi dari guru dan benar-benar tidak paham, gurumu pasti akan dengan senang hati untuk kembali menjelaskan. Bahkan penjelasan kedua ini bisa jadi lebih pelan.

Saat gurumu menjelaskan, kamu dapat merekam suaranya atau membuatnya video. Rekaman ini dapat diulang saat kamu belajar sendiri (kalau diperbolehkan membawa video perekam)

Fisika sebenarnya pelajaran konsep, sehingga memahami konsepnya akan lebih memudahkan untuk memahami turunan rumusnya.

Selain merekam, cara lain memahami konsep materi Fisika ini dengan membuat mind map-nya. Gunakan warna dan gambar yang menarik saat membuat mind-map.

Banyak Rumus yang Dihafal, Ini Caranya

Hafal rumus dapat dicapai bila rajin baca. Buatlah buku saku khusus rumus yang bisa masuk di kantongmu dan dibawa pergi ke mana pun. Cantumkan mind-map yang telah dibuat di sana. Tulislah rumus-rumus dan konsepnya dengan catatan yang menarik. Bawa buku saku itu dan bacalah saat senggang. Jangan lupa buat trik khusus agar dapat menghafal rumus.

Menentukan Rumus yang Dipakai

Kesulitan ketiga yang sering dihadapi saat menyelesaikan soal Fisika adalah menentukan rumus yang dipakai. Untuk menggunakan rumus yang tepat, kamu harus pahami dulu konsepnya. Dengan memahami konsep soalnya kamu dapat mengaitkan rumus yang satu dengan rumus lainnya. Cara ini tentu membuat belajar Fisika lebih menyenangkan.

Ilustrasi gambar juga dapat kamu pakai sebagai alternatif memahami konsep. Contohnya: sebuah benda dilempar ke atas dengan kecepatan awal 40m/s, pertanyaan atau soalnya adalah bagaimana menentukan ketinggian benda tersebut saat kecepatannya adalah setengah dari kecepatan awal.

Dengan membuat ilustrasi gambar dari soal tersebut, kamu dapat lebih mudah memahaminya.

Memahami pelajaran Fisika prinsipnya mirip dengan mempelajari pelajaran lain. Temukan cara belajar Fsika yang mudah untukmu sendiri, niscaya akan mudah paham. Selamat belajar!

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*