Yuk Simak 3 Tip Pintar Belajar Biologi




Ilustrasi: Tip pintar belajar ilmu biologi. (KalderaNews.com/Ist.)
Ilustrasi: Tip pintar belajar ilmu biologi. (KalderaNews.com/Ist.)

JAKARTA, KalderaNews.com – Biologi merupakan pelajaran penting yang dapat dipelajari dari lingkungan sekitar. Pelajaran satu ini memang terkesan banyak hafalan. Namun, sebenarnya buat kamu yang merasa kemampuan hafalannya lemah, pelajaran biologi tidak perlu dihafal.

Kalau kamu bercita-cita sebagai dokter, tetapi tidak menyukai pelajaran biologi, wah, ini berat. So, simak tiga cara jitu pintar ilmu biologi untuk kamu berikut!

BACA JUGA:

Gunakan Metode Belajar yang Tepat

Cara belajar yang kamu pakai harus sesuai dengan tipikal kamu. Kalau kamu tipe auditori, misal kamu dapat merekam pelajaran untuk kemudian didengarkan ulang. Banyak keuntungan yang didapat bila kamu membacanya dengan nyaring dan merekamnya. Cara ini terbukti membuat materi pelajaran lebih mudah melekat dalam ingat

Pahami, Jangan Dihafal

Biologi sebenarnya bukan saja pelajaran hafalan. Berbeda dengan pelajaran eksak lainnya. Biologi dapat dengan mudah dikuasai bila kamu memahaminya. Misalnya, ketika belajar tentang sel, pahami fungsi tiap bagian sel, pasti kamu akan dengan mudah hafal namanya.

Temukan Cara Lain

Selain kedua cara di atas, belajar biologi dengan mind map biasanya akan lebih mudah memahami. Contohnya ketika belajar tentang organ tubuh manusia. Dengan membuat mind map pada setiap bagiannya, niscaya kamu akan lebih mudah menguasai pelajaran ini.

Tiga cara sederhana ini patut dicoba bila kamu berencana melanjutkan kuliah ke fakultas biologi atau turunan serta terapannya. Bila dalam belajar kamu menemui kesulitan, jangan lupa segera catat kesulitanmu dan tanyakan pada gurumu, ya!

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu!




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*