Kesulitan Pelajaran Biologi, Begini Trik Mudahnya




Ilustrasi: Tip pintar belajar ilmu biologi. (KalderaNews.com/Ist.)
Ilustrasi: Tip pintar belajar ilmu biologi. (KalderaNews.com/Ist.)

JAKARTA, KalderaNews.com – Selain matermatika, fisika, dan kimia, ada satu lagi pelajaran eksak dalam bidang IPA yang harus dipelajari. Bila ketiga pelajaran lain membutuhkan hitungan, maka biologi merupakan pelajaran yang membutuhkan hafalan dan pemahaman.

Pelajaran biologi sebenarnya merupakan pelajaran yang menyenangkan karena berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Jadi, pelajaran yang dulunya bernama ilmu hayat ini, adalah pelajaran yang mudah dipelajari.

Bila masih kesulitan dalam memahmi pelajaran biologi ini, simak trik mudahnya berikut:

BACA JUGA:

Luruskan Niat

Meluruskan niat belajar akan membuatmu mudah memahami materi. Niatkan untuk mempelajari ciptaan Tuhan  saat  belajar biologi. Makin dalam kita mempelajarinya akan makin dalam pula ungkapan syukur kita pada Tuhan.  

Gali Informasi yang Banyak

Jangan belajar biologi hanya dari satu buku atau satu sumber, karena bisa jadi banyak informasi yang bisa kita dapat dari buku yang lain. Makin banyak buku yang dibaca, akan membuatmu makin memahami pelajaran satu ini.

Tulis Ulang

Setelah membaca beberapa buku. Tulislah ulang dalam bentuk rangkuman. Dengan menulis ulang dalam bentuk rangkuman, kamu berarti sedang membaca ulang. Membaca berulang kali tentu akan memberimu pemahaman yang makin baik.

Baca Ulang

Baca ulang rangkuman yang telah kamu tulis itu. Karena biologi juga merupakan pelajaran yang membutuhkan hafalan juga, maka dengan membaca berulang kali, artinya kamu sedang memasukkan ingatan lebih baik lagi. Alhasil, kamu akan lebih mudah mengerjakan soal saat ujian kelak.

Berlatih Soal

Untuk menguji apakah pemahaman dan hafalanmu tentang materi ini telah baik, kamu perlu berlatih soal. Saat mengerjakan soal latihan kamu dapat mengukur kemampuanmu dalam memahami pelajaran biologi ini. Bila kamu mendapati soal yang belum dapat diselesaikan, kamu dapat mengulangi membacanya.

Cari Teman Diskusi

Belajar bersama teman pasti akan mengasyikkan. Dengan adanya teman belajar bersama, kamu akan dapat menguasai bagian yang belum dipahami. Saling sharing dengan teman juga pasti bermanfaat bagi temanmu.

Enam trik tersebut dapat kamu coba agar kamu makin mudah belajar Biologi. Dengan enam trik mudah ini biologi bukan lagi pejaran yang sulit.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan share pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*