Inilah Panduan Lengkap Registrasi KSN-K 2021 Jenjang SMA-MA, Pendaftaran Tutup Rabu, 28 April 2021

Ilustrasi: Kompetisi Sains Nasional (KSN) 2020 untuk jenjang SMA/MA sudah dimulai. (KalderaNews.com/repro: y.prayogo)
Kompetisi Sains Nasional (KSN) untuk jenjang SMA/MA (KalderaNews.com/repro: y.prayogo)

JAKARTA, KalderaNews.com – Tahapan Kompetisi Sains Nasional (KSN) 2021 setelah Kompetisi Sains Nasional Tingkat Sekolah (KSN-S) yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional, SekJend dan Kemendikbud adalah seleksi untuk Kompetisi Sains Nasional Tingkat Kabupaten/Kota (KSN-K).

Tahun ini KSN-K Jenjang SMA-MA sudah memasuki tahap registrasi dengan batas akhir hingga Rabu, 28 April 2021. Sebanyak 3 peserta didik terbaik pada tahap seleksi KSN-S akan diikutsertakan pada tahapan seleksi KSN tingkat Kabupaten/Kota.

Diberitakan KalderaNews.com sebelumnya, KSN-K jenjang SMA/MA 2021 dilaksanakan dengan menggunakan mekanisme UNBK di sekolah/Madrasah yang telah ditunjuk menjadi tempat pelaksanaan KSN-K.

BACA JUGA:

Lantas seperti apa Tata Cara Mendaftarkan Akun Sekolah Untuk KSN-K 2021 Jenjang SMA-MA? Berikut ini panduan lengkapnya:

  • Kunjungi situs portal Puspresnas pada tautan berikut https://mtn-pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id/satdik/login dan klik opsi Registrasi lalu masukkan email sekolah, jenis satuan pendidikan dan nomor pokok seperti NPSN, NSM, Kode PT kemudian klik Daftar.
  • Proses selanjutnya adalah mengecek dan melengkapi Form Registrasi Akun seperti mengisi nama instansi, NPSN, nomor telepon, email, alamat dll. Kalau sudah terisi semuanya maka klik opsi Daftar.
  • Tunggu beberapa saat hingga tampilan halaman memperlihatkan notifikasi registrasi telah berhasil dilakukan dan jangan lupa mengecek email sekolah untuk mengaktivasi akun sekolah untuk KSN. Aktivasi akun berguna sebagai akses satuan pendidik agar dapat melakukan proses login dengan memasukkan email sekolah dan kata sandi.
  • Portal Puspresnas akan beralih ke dashboard akun milik sekolah yang di dalamnya terdapat file panduan registrasi, profil satuan pendidikan dan daftar lomba terdekat untuk setiap jenjang pendidikan.
  • Pilih opsi Daftar Ajang untuk menyimak deskripsi, kriteria peserta serta peraturan ajang lomba dan dilengkapi dengan tombol untuk mendaftarkan peserta didik. Halaman list peserta didik akan menampilkan data para peserta didik yang telah terdaftar untuk mengikuti perlombaan namun disediakan pula tombol untuk menambahkan peserta didik baru. Ketika menambah peserta didik baru, maka satuan pendidik perlu mengisi identitas peserta didik berupa email dan nomor pokok seperti NISN/NISM/NIM. Jika nomor induk peserta ada kendala maka harus ditindaklanjuti dengan mengurus pada pusat data pokok setiap jenjang pendidikan agar dapat melanjutkan ke proses selanjutnya. Satuan pendidik harus melakukan pengisian data siswa pada formulir registrasi peserta didik.
  • Saat registrasi berhasil maka peserta didik tambahan akan dimasukkan pada list data peserta didik yang telah dilengkapi dengan fitur aksi untuk lihat dan hapus. Data peserta lomba dapat di-review ulang dan disediakan sebuah fitur untuk menyunting data apabila ada kesalahan saat melakukan proses penginputan.

Jika masih bingung, berikut ini panduan lengkap registrasi peserta KSN-K 2021 jenjang SMA-MA. Ulik: Panduan Regsitrasi KSN-K 2021 Jenjang SMA-MA.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




6 Comments

  1. Sulit meregistrasi pendaftaran KSN-K 2021 tingkat SMA. Saat ingin mendaftarkan siswa pada bidang kompetisi selalu error. Dari 24 peserta yg berhasil terdaftar hanya 6 orang. Kami coba sampaikan kendala tersebut pada kontak (whatsapp)yg diberikaan namun tidak digubris sama sekali padahal nomor tersebut sedang online. Bagaimana kami bisa terjadi?? Thx

  2. saya sdh mendaftarkan siswa saya, dari 27 peserta, tinggal satu lagi tersisa. jawabannya selalu: terjadi kesalahan pada server. walaupun ada perpanjangan waktu, tapi jika tdak ada perbaikan sistem dan server tetap saja akan seperti ini. tolong solusinya…..

  3. Bagaiman dengan email yg masukkan ada kesalahan dalam pengetikan,namun sudah terlanjur terdaftar.bagaimana solusinya.mohon arahannya

  4. Saya mau mendaftarkan 3 anak dr kemarin ada kendala server, hari ini saya ulang untuk daftar malah menu daftar tidak bisa loading.. Data anak sudah kerekam, tp tetep tidak bisa daftar. Sudah mengadukan lewat whatsapp tidak ada jawaban. Pengaduan lewat google form juga sama tidak ada jawaban. Mohon solusinya…

  5. Siang pak, saya mau mengadukan 3 anak saya daftar di kebumian kok ga bisa² sudah masuk datanya tp setiap kali menekan daftar tidak bisa loading. Kenapa ya pak? Mohon bantuannya.. 🙏🏼

  6. Saat Registrasi Sekolah, ada pilihan kode registrasi :
    B.23
    D.56
    A.09
    A.11
    A.12
    A.13
    Apakah arti kode tersebut? mohon informasinya pak

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*