Kini BRIN Bawahi 4 Lembaga Penelitian, Inilah Tiga Arah Kebijakannya

Sharing for Empowerment

Kedua, menciptakan ekosistem riset sesuai standar global yang terbuka (inklusif) dan kolaboratif bagi semua pihak (akademisi, industri, komunitas, pemerintah).

Ketiga, menciptakan pondasi ekonomi berbasis riset yang kuat dan berkesinambungan dengan fokus digital – green – blue economy.

Handoko juga menyampaikan beberapa target BRIN. Transformasi proses bisnis dan manajemen riset secara menyeluruh ditargetkan untuk percepatan peningkatan critical mass sumber daya manusia, infrastruktur, dan anggaran iptek, ucapnya.

Selain itu, Handoko menyebutkan refocusing pada riset untuk meningkatkan nilai tambah ekonomi berbasis sumber daya alam dan keanekaragaman (hayati, geografi, kelautan) lokal, selain mengejar ketertinggalan iptek.

Menjadikan Indonesia sebagai pusat dan platform riset global berbasis sumber daya alam dan keanekaragaman (hayati, geografi, seni budaya) local juga merupakan taget lain yang tidak kalah penting, tuturnya.

Target lain yang ingin dicapai adalah menjadi fasilitasi dan enabler industri lokal melakukan pengembangan produk berbasis riset, dan menciptakan industri dengan basis riset kuat dalam jangka panjang; menjadi platform penciptaan SDM unggul di setiap bidang keilmuan, dan entrepreneur berbasis inovasi iptek, dan meningkatkan dampak ekonomi langsung dari aktifitas riset, dan menjadikan sektor iptek sebagai tujuan investasi jangka panjang serta penarik devisa.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*