Yuk Mengenal Kalium Sianida, Zat yang Naik Daun dalam Kriminalitas

Ilustrasi: Tip menghafal tabel periodik kimia. (KalderaNews.com/Ist.)
Ilustrasi: Tip menghafal tabel periodik kimia. (KalderaNews.com/Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Setelah kasus Jessica dan kopi, kalium sianida kembali menjadi perbincangan masyarakat. Kali ini kalium sianida yang dicampur dalam sate merenggut nyawa seorang anak berumur 10 tahun yang kasusnya sedang ditangani Kepolisian Daerah D.I Yogjakarta. Kasus ini kerap diberi tajuk sate sianida.

Kalium sianida menjadi bahasan yang menarik sebab menjadi bagian dari tindak kriminal pembunuhan atau percobaan pembunuhan. Sebenarnya bagaimana struktur kalium sianida itu?

BACA JUGA:

Kalium sianida disebut juga potassium sianida merupakan senyawa kimia dengan rumus kimia KCN. Rumus kimia merupakan cara ringkas untuk memberikan informasi mengenai perbandingan atom-atom yang menyusun suatu senyawa kimia tertentu. Dengan menggunakan sebaris simbol zat kimia, angka, atau tanda baca lain.

Sianida sendiri merupakan senyawa kimia yang mengandung gugus siano C≡N. Artinya atom karbon terikat dengan tiga atom nitrogen. Pada sianida anorganik seperti natrium sianida dan kalium sianida, gugus CN ada yang bersifat sebagai ion sianida poliatomik yang bermuatan negatif CN⁻. Senyawa ini merupakan garam dari asam sianida yang sangat beracun.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*