20 Inspirasi Ucapan Hari Lahir Pancasila yang Penuh Makna, Cocok untuk Update Status Media Sosial

Ilustrasi: Hari Lahir Pancasila. (KalderaNews.com/Ist.)
Ilustrasi: Hari Lahir Pancasila. (KalderaNews.com/Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Setiap 1 Juni, kita bangsa Indonesia memperingati Hari Lahir Pancasila. Tanggal ini dipilih karena bertepatan dengan pidato Presiden Sukarno tentang Pancasila pada 1 Juni 1945 dalam sidang Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI).

Saat itu, Presiden Sukarno memperkenalkan 5 sila, yang terdiri dari Kebangsaan Indonesia, Internasionalisme dan Peri Kemanusiaan, Mufakat atau Demokrasi, Kesejahteraan Sosial, dan Ketuhanan Yang Maha Esa.

BACA JUGA:

Dan, lewat Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 24 Tahun 2016, pemerintah pun menetapkan 1 Juni 1945 sebagai Hari Lahir Pancasila sekaligus sebagai hari libur nasional.

Nah, karena masih dalam masa pandemi dan untuk mengurangi penyebaran virus Covid-19, kamu bisa bagi-bagi ucapan atau update status media sosial kamu bertema Pancasila. Untuk memudahkan kamu, inilah ucapan untuk memperingati Hari Lahir Pancasila:

  1. Selamat Hari Lahir Pancasila 2021. Teruskan cita-cita luhur pendiri bangsa, jangan sampai Pancasila menjadi legenda semata.
  2. Selamat Hari Lahir Pancasila. Beda agama, beda bahasa, beda bangsa, tapi satu dalam jiwa Indonesia dan semangat Pancasila.
  3. Pancasila yang menyatukan bangsa ini. Pancasila yang membuat kita saling menghormati meski berbeda. Selamat Hari Lahir Pancasila 2021.
  4. Selamat memperingati Hari Lahir Pancasila 2021. Pancasila bukanlah hafalan, tetapi amalan nilai-nilai luhur bangsa ini.
  5. Mari kita kembali tanamkan di dalam hati juga jiwa kita bahwa Indonesia sebagai bangsa yang berideologi Pancasila. Selamat Hari Lahir Pancasila.
  6. Selamat Hari Lahir Pancasila. Mari perkokoh persatuan dan kesatuan bangsa, untuk Indonesia yang lebih baik.
  7. Selamat Hari Lahir Pancasila. Dengan semangat Pancasila, kita gapai cita-cita Indonesia.
  8. Di Hari Lahir Pancasila, mari kita jaga toleransi, integrasi dan sinergitas di tengah kemajemukan bangsa. Indonesia milik kita semua, milik rakyat, dan bangsa Indonesia.
  9. “Bangunlah suatu dunia di mana semua bangsa hidup dalam damai dan persaudaraan.” (Presiden Sukarno). Selamat Hari Lahir Pancasila.
  10. Selamat memperingati Hari Lahir Pancasila. Mari kita senantiasa mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
  11. Tangguhkan semangat kebhinnekaan. Jaga kesatuan dan persatuan NKRI. Selamat Hari Lahir Pancasila.
  12. Pancasila membuat perbedaan jadi kekayaan. Pancasila merajut keragaman jadi keindahan. Pancasila itu menyatukan. Selamat Hari Lahir Pancasila.
  13. Selamat Hari Lahir Pancasila. Pancasila adalah falsafah kehidupan di Indonesia. Mari kita mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila.
  14. Selamat memperingati Hari Lahir Pancasila. Mari kita abadikan semangat persatuan dan kesatuan. NKRI dengan nilai luhur bangsa kita Pancasila.
  15. Lewat Pancasila, kita yang terdiri beragam suku, budaya, bahasa dan agama dapat bersatu dalam satu atap, Indonesia. Selamat Hari Lahir Pancasila.
  16. Selamat Hari Lahir Pancasila untuk semua teman setanah air. Jadikan peringatan Hari Lahir Pancasila momentum untuk bersatu, berbagi, berprestasi, dan menjalankan amalan Pancasila!
  17. Pancasila adalah pedoman bernegara selalu menjadi kekuatan sumber kesaktian buat inspirasi, motivasi bagi keluarga dan masyarakat. Selamat Hari Lahir Pancasila.
  18. Selamat memperingati Hari Lahir Pancasila 1 Juni. Jaya selalu Indonesiaku. Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh.
  19. Pancasila lahir dari kemajemukan bangsa Indonesia. Pancasila menyatukan yang berbeda. Selamat Hari Lahir Pancasila 2021!
  20. Aku Pancasila. Kamu Pancasila. Kami Pancasila. Kita Pancasila. Selamat Hari Lahir Pancasila, 1 Juni 2021.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat, dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*