10 Ucapan Hari Lahir Pancasila Bertema Perjuangan Memerangi Pandemi Covid-19

Selamat Hari Lahir Pancasila
Selamat Hari Lahir Pancasila (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Setiap 1 Juni, kita bangsa Indonesia memperingati Hari Lahir Pancasila. Tanggal ini dipilih karena bertepatan dengan pidato Presiden Sukarno tentang Pancasila pada 1 Juni 1945 dalam sidang Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI).

Saat itu, Presiden Sukarno memperkenalkan 5 sila, yang terdiri dari Kebangsaan Indonesia, Internasionalisme dan Peri Kemanusiaan, Mufakat atau Demokrasi, Kesejahteraan Sosial, dan Ketuhanan Yang Maha Esa.

Lewat Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 24 Tahun 2016, pemerintah pun menetapkan 1 Juni 1945 sebagai Hari Lahir Pancasila sekaligus sebagai hari libur nasional.

BACA JUGA:

Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) mengeluarkan surat edaran untuk segenap komponen bangsa dan masyarakat Indonesia agar berkomitmen memperingati Hari Lahir Pancasila setiap tanggal 1 Juni sebagai bagian dari pengarusutamaan Pancasila dalam seluruh bidang kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Komitmen bersama segenap bangsa, negara dan masyarakat Indonesia dalam memperingati Hari Lahir Pancasila Tahun 2021 dilaksanakan dengan mempertimbangkan situasi dan kondisi kedaruratan pandemi Covid-19.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*