Beasiswa Universitas Pertamina, Kuliah S1 Gratis dan Kerja di Pertamina

Sharing for Empowerment

Inilah syarat dan ketentuan beasiswa Universitas Pertamina.

Syarat

Syarat dan ketentuan Beasiswa Universitas Pertamina tahun 2021/2022 antara lain:

  1. Siswa SMA/sederajat lulusan tahun 2020 dan 2021 serta memiliki nilai rapor semester 1-5.
  2. Peserta tidak buat warna untuk beberapa program studi yang mempersyaratkan bebas buta warna.
  3. Peserta memasukkan data nilai rapor dan mengunggah pindai dokumen nilai rapor semester 1-5 saat pengisia data diri sesuai jadwal yang ditentukan.
  4. Pengisian data diri pada 5 Mei-22 Juni 2021 dengan login melalui laman Universitas Pertamina dengan menggunakan nomor pendaftaran dan kata sandi yang diterima melalui email konfirmasi pembayaran.
  5. Peserta yang tidak melakukan pengisian data diri dianggap mengundurkan diri dari seleksi.
  6. Pilihan kelompok ujian disesuaikan dengan pilihan program studi yang dituju.
  7. Peserta dapat memilih empat program studi yang ada di Universitas Pertamina berdasarkan kelompok ujian yang dipilih.

Dokumen

Berkas persyaratan SNR Universitas Pertamina tahun 2021/2022 sebagai berikut:

  1. Soft-file pas foto formal berlatar belakang merah atau biru dengan ukuran kurang dari 200Kb dalam format jg, jpeg atau png.
  2. Kartu keluarga.
  3. Ijazah (bagi lulusan tahun 2020).
  4. Soft-file scan nilai rapor semester 1-5 dalam format PDF dan dibuat dalam satu file (tidak terpisah-pisah per semester) dengan ukuran kurang dari 2Mb. Berkas nilai rapor harap dapat dibaca dengan jelas untuk memudahkan proses verifikasi berkas. Nilai rapor yang dimasukkan adalah nilai aspek ‘Pengetahuan’ atau ‘Kognitif’ dan Kelompok ‘Wajib’.
  5. Slip gaji kedua orangtua dalma bentuk PDF dengan ukruan maksimal 2Mb. Jika tidak memilik slip gaji dapat diunduh Surat Keterangan Penghasilan.

Sementara itu, mata pelajaran yang diperhitungan dalam seleksi antara lain:

  • Kelompok IPA meliputi Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Fisika, dan Kimia.
  • Kelompok IPS meliputi Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Ekonomi, dan Sosiologi.
  • Kelompok IPS meliputi Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Fisika, Kimia, Ekonomi, dan Sosiologi

Cara Pendaftaran

Teknis pendaftaran yang harus diikuti oleh pendaftar adalah:

  1. Melakukan pendaftaran pada laman resmi Universitas Pertamina.
  2. Mengisi kelengkapan data pendaftaran.
  3. Peserta akan menerima email konfirmasi pendaftaran, yang mengandung nomor pendaftaran dan nomor virtual account (BNI VA) pembayaran.
  4. Melakukan pembayaran ke nomor Virtual Account (BNI VA) tersebut, melalui transfer via ATM, mobile/internet banking atau pembayaran langsung di teller bank. Biaya pendaftaran sebesar Rp 150.00 untuk kelompok IPA/IPA dan Rp 200.000 untuk kelompok IPC.
  5. Setelah melakukan pembayaran, peserta akan menerima email kwitansi pembelian nomor pendaftaran atau konfirmasi pembayaran, yang di dalamnya terdapat nomor pendaftaran dan password.
  6. Menggunakan nomor pendaftaran dan password tersebut untuk LOG IN pada laman Universitas Pertamina.
  7. Lalu isi data diri dengan lengkap, benar dan jelas, termasuk input nilai rapor dan pindai dokumen nilai rapor semesnter 1-5. Masa atau periode pengisian data diri dan input nilai adalah tanggal 5 Mei – 22 Juni 2021. Peserta yang tidak melakukan pengisian data diri akan dianggap mengundurkan diri dari seleksi.
  8. Mengunduh dan cetak kartu peserta dan simpan hingga ada pengumuman hasil seleksi. Peserta tidak perlu mengikuti tes tertulis dan tidak perlu datang ke Kota Jakarta.

Pendaftaran seleksi

Beasiswa Ujung Negeri tahun akademik 2021/2022 terbuka bagi lulusan SMA/sederajat tahun 2021 dan 2020 yang lulus pada jalur seleksi nilai rapor (SNR) Universitas Pertamina periode 5. Seleksi tersebut merupakan seleksi tanpa tes.

Pendaftaran beasiswa masih dibuka hingga 21 Juni 2021 melalui laman resmi Universitas Pertamina bagian pendaftaran. Pendaftar yang lulus seleksi wajib menyusun karya tulis dengan tema “Kontribusi Saya kepada Daerah Asal setelah Lulus dari Universitas Pertamina”.

Masih terbuka luas kesempatan untuk mendaftar beasiswa di Universitas Pertamina ini. Segera siapkan syarat dan dokumennya. Pastikan berada di daerah yang stabil koneksi internetnya saat akan mengunggah dokumen.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*