Jawab Tantangan Dunia Pendidikan di Era Pandemi, HP Luncurkan Dua Program ini

Ilustrasi kegiatan belajar dan mengajar daring (KalderaNews/Ist).
Ilustrasi kegiatan belajar dan mengajar daring (KalderaNews/Ist).

JAKARTA, KalderaNews.com – Wabah pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung satu tahun ikut berimbas pada dunia pendidikan. Metode dan sistem pembelajaran pun harus beradaptasi. Dan ini menjadi tantangan baik guru, siswa dan orangtua.

Namun di balik pandemi ini juga muncul peluang menarik yakni terjadinya transformasi digital. Semua pihak harus melek teknologi.

Untuk berkontribusi dalam memajukan dunia pendidikan di Indonesia, HP meluncurkan dua program di bidang pendidikan yang bisa memajukan baik guru maupun pelajar.

BACA JUGA:

Business Personal System Category Head, HP Indonesia Frans Adiredja dalam keterangannya kepada media mengatakan, dua Program Pendidikan di Indonesia yang diluncurkan HP yaitu Semangat Guru Virtual Learning Series. Serta HP LIFE yang menawarkan kelas-kelas gratis seputar topik bisnis dan TI bagi wirausahawan, pemilik usaha, dan semua orang yang ingin terus belajar.

Kata Frans, program Semangat Guru Virtual Learning Series merupakan program pembelajaran untuk melatih soft skills para guru. Lalu ada program HP LIFE dalam Bahasa Indonesia yang merupakan rangkaian kursus online gratis yang berfokus pada keterampilan bisnis dan TI.

“Kedua program ini bertujuan untuk meningkatkan kesetaraan pembelajaran dan digital di Indonesia,” terang Frans.

Selain itu, program-program ini juga didukung oleh seri HP Chromebooks terbaru, dari jajaran perangkat HP untuk pendidikan yang komprehensif.

Semangat Guru Virtual Learning Series dikembangkan untuk mendukung guru Indonesia untuk melakukan blended learning yang efektif, dan tersedia melalui platform Guru Belajar dan Berbagi milik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

Sementara itu, peluncuran HP LIFE dalam Bahasa Indonesia akan membantu wirausahawan dan pemilik usaha kecil agar mereka dapat mengakses kursus-kursus seperti perencanaan bisnis dan pemasaran, hingga cara meningkatkan modal dan pola pikir desain.

Melalui Program Semangat Guru Virtual Learning Series akan mendukung para guru mendidik generasi penerus Indonesia dengan menggunakan konsep 3E yakni Educate, Engage and Entertain (Mendidik, Melibatkan, dan Menghibur).

“Program ini akan tersedia bagi para guru yang terdaftar di platform Guru Belajar dan Berbagi dan dapat menampung hingga ribuan peserta pada tiap kelas virtualnya. Enam episode pembelajaran akan dipandu oleh pembicara inspirasional untuk membangun soft skills mulai dari keahlian dalam penggunaan teknologi sampai komunikasi,” terang Frans.

Permintaan akan sarana pembelajaran baru di antara para guru telah meningkat karena pandemi, di mana orangtua dan siswa bekerja dari rumah dan pengajaran dilakukan dari jarak jauh.

Semangat Guru Virtual Learning Series tergabung dalam program pemerintah Guru Belajar dan Berbagi, menyediakan program pembelajaran online melalui platform teknologi dan bertujuan untuk mendukung serta menghargai dedikasi para guru dalam mendidik generasi masa depan Indonesia.

Program ini akan dimulai pada bulan Juni, dengan membawa semangat Pancasila yang diperingati pada 1 Juni.

Semangat Guru Virtual Learning Series akan membantu para guru mendalami bagaimana teknologi dapat digunakan untuk blended learning dan diadaptasi untuk berbagai gaya belajar.

Seri ini memiliki beberapa modul yang mencakup:

  • Pentingnya penggunaan teknologi dalam berbagai gaya pembelajaran.
  • Bagaimana teknologi dapat digunakan untuk pembelajaran campuran (blended learning).
  • Tahapan penyusunan konten pembelajaran digital dan penggunaan perangkat teknologi sederhana.
  • Pendekatan komunikasi yang dapat diterapkan dalam berbagai cara pembelajaran.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*