Belum Terdaftar di Kominfo, Clubhouse Terancam Diblokir

Clubhouse, Aplikasi Viral yang Banyak Digunakan Tokoh Ternama (KalderaNews.com/Ost)
Clubhouse, Aplikasi Viral yang Banyak Digunakan Tokoh Ternama (KalderaNews.com/Ost)

JAKARTA, KalderaNews.com – Juru Bicara Kementerian Kominfo, Dedy Permadi menegaskan sesuai dengan PM 5/2020, setiap penyelenggara sistem elektronik (PSE) wajib melakukan pendaftaran ke pemerintah.

Nah, merespons adanya isu pendaftaran aplikasi obrolan radio (radio chat) Clubhouse, Jubir Kementerian Kominfo menegaskan bahwa aplikasi itu belum terdaftar di Kementerian Kominfo.

“Clubhouse belum terdaftar di Kominfo dan kami harap dapat mendaftar sesuai ketentuan dalam PM 5/2020,” tandasnya Kamis, 18 Februrai 2021.

BACA JUGA:

Ia pun menegaskan aplikasi yang tidak terdaftar akan mendapatkan pemutusan akses berupa tindakan pemblokiran akses, penutupan akun dan/atau penghapusan konten.

“Sesuai Peraturan Menteri Kominfo No 5/2020, PSE yang tidak mendaftar sesuai kebijakan yang berlaku, akan mendapat sanksi administrasi berupa pemutusan akses,” tegasnya.

Kewajiban melakukan pendaftaran bagi PSE Lingkup Privat dilakukan sebelum sistem elektronik mulai digunakan oleh pengguna.

“Masa pendaftaran adalah 6 bulan sejak PM diundangkan pada tanggal 24 November 2020. Ketentuan ini berlaku untuk semua PSE, tidak hanya Clubhouse,” tandasnya.

Tujuan pendaftaran itu dimaksudkan untuk menjaga ruang digital Indonesia lebih sehat dan melindungi warganet sebagai pengguna aplikasi.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*