Indonesia Membutuhkan Pemanfaatan Big Data, Agar Kebijakan Berkualitas

Ilustrasi: Pemanfaatan big data. (KalderaNews.com/Ist.)
Ilustrasi: Pemanfaatan big data. (KalderaNews.com/Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Peranan big data kini sudah semakin signifikan dalam semua aspek kehidupan, terutama dalam perekonomian. Penguasaan big data akan menentukan strategi sebuah perusahaan untuk mengembangkan pemasaran dan pengembangan produknya.

Pernyataan ini disampaikan Muhammad Edhie Purnawan dalam Indonesian Digital Elevation Symposium (IDEAS) 2021, Rabu, 21 Juli 2021. “Perusahaan yang tidak memanfaatkan big data akan tertinggal. Big data ini sangat penting bagi pengembangan perusahaan,” ujar Chairman Board of Supervisors Bank Indonesia ini.

Namun demikian, Edhie menyampaikan, untuk dapat mengelola big data ini diperlukan usaha yang tidak mudah. Big data ini adalah kumpulan data yang sangat banyak, yang perlu untuk dipilah-pilah untuk akhirnya menjadi data yang berkualitas.

BACA JUGA:

“Tidak semua data dapat digunakan, data ini harus berkualitas. Untuk menghasilkan data semacam ini, maka perlu sumber daya manusia yang kompeten untuk dapat mengolah data-data yang ada,” ujarnya.

Edhie menyampaikan, saat di masa lalu banyak regulator hanya menggunakan intuisi dalam menentukan kebijakan, kini cara ini harus ditinggalkan. Setiap kebijakan yang diambil harus berdasarkan data yang berkualitas.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*