Pembelajaran dengan Metode Gamification

Ilustrasi Pembelajaran menggunakan Metode Gamification. (KalderaNews.com/Dok.Ist)
Ilustrasi Pembelajaran menggunakan Metode Gamification. (KalderaNews.com/Dok.Ist)
Sharing for Empowerment

SEMARANG, KalderaNews.com – Di masa pandemi, dunia pendidikan dituntut terus berinovasi dalam mengembangkan metode pembelajaran yang efektif, mengingat pembelajaran harus dilakukan secara daring. Salah satu yang dapat digunakan adalah metode belajar Gamification. Metode belajar ini adalah dengan memanfatkan beragam permainan sebagai bagian menyampaikan materi pelajaran.

Kristophorus Hadiono mengatakan, pembelajaran secara daring untuk anak-anak sebaiknya dilakukan secara menarik, bahkan dilakukan dalam bentuk permainan. Metode ini disebut gamification (gamifikasi).

“Anak cendurung lebih senang dan tidak mudah bosan jika pembelajaran dilakukan dengan permainan. Anak-anak dengan metode pembelajaran bentuk permainan, akan lebih cepat meghafalkan, mengerti dan memahami,” ujar Dekan Fakultas Teknologi Informasi (FTI) Universitas Stikubank (UNISBANK) Semarang, Jawa Tengah ini.

BACA JUGA:

Gamifikasi sendiri adalah konsep yang mengadaptasi video dalam metode pembelajaran yang tujuannya untuk meningkatkan motivasi belajar para penggunaannya. Sistem dari gamifikasi ini beruasaha memberikan inovasi pembelajaran yang menarik dan tidak membosankan.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*