EFFAST: Mesin Pengolahan Sampah Sisa Makanan Hasil Temuan Mahasiswa UII

Sharing for Empowerment

YOGYAKARTA, KalderaNews.com – Melalui Program Kreativitas Mahasiswa bidang Karsa Cipta, sekelompok mahasiswa Universitas Islam Indonesia (UII) menawarkan inovasi baru berupa mesin pengolahan sampah makanan. Inovasi in diberi nama EFFAST. Temuan ini dapat digunakan untuk pengolahan sampah sisa makanan menjadi pupuk organik bagi tanaman.

Untuk menghasilkan EFFAST, tiga mahasiswa UII bekerja malakukan penelitian pada Juli-Agustus 2021. Ketiga mahasiswa ini adalah Gayuh Ajeng Wandansari (Teknik Lingkungan/Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan), Nurul Muzayyanah (Teknik Lingkungan/Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan), dan Ahmad Afifudin Noviantoro (Teknik Industri/Fakultas Teknologi Industri). Mereka bekerja di bawah bimbingan Rininta Hanum, selaku dosen di UII.

Gayuh menjelaskan kehadiran EFFAST dapat menjadi solusi alternatif bagi masyarakat terutama pemilik restoran. Selama ini, sampah sisa makanan menjadi persoalan di banyak restoran. Umumnya sampah ini hanya dibuang tanpa ada usaha untuk diolah. EFFAST dibuat agar mengatasi masalah lingkungan dari pembuangan sampah ini.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*