Pekerjaan yang Bisa Dilakukan Sambil Kuliah




Professional Asian businesswoman working at her office via laptop. Young Asian female manager using portable computer device while sitting at modern workplace.

JAKARTA, KalderaNews.com – Bisa kuliah adalah anugerah yang diperoleh setiap mahasiswa. Masa ini menjadi kesempatan untuk menimba ilmu bagi masa depan.

Namun, ada sebagian mahasiswa yang tak sabar menunggu untuk bekerja, meski mereka masih berstatus pelajar. Berat, namun beberapa menjalani kuliah sambil kerja ini dengan senang hati. Berikut ini beberapa pekerjaan sampingan yang bisa kamu lakukan saat masih berstatus mahasiswa.

Bekerja di Kampus

Kesempatan bekerja di kampus sangat terbuka bagi setiap mahasiswa baik di Indonesia maupun yang kuliah di luar negeri. Beberapa pekerjaan yang bisa didapat di kampus misalnya bagian penerimaan tamu, pengorganisasian perpustakaan, penata taman, dan lainnya. Kerja di kampus memang tidak menenjanjikan gaji besar, namun dengan bekerja, mahasiswa memperoleh pengalaman dan uang tambahan untuk kebutuhan sehari-hari.

BACA JUGA:

Magang di Perusahaan yang Bekerja Sama dengan Kampus

Beberapa kampus memiliki kerja sama dengan perusahaan-perusahaan. Nah, kerja sama ini dapat berupa banyak hal. Ada kerja sama beasiswa, ada kerja sama penelitian, dll. Perusahaan kadang juga menawarkan kepada mahasiswa untuk dapat bekerja paruh waktu. Lingkup pekerjaan ini misalnya menjadi admin, pekerja dalam proyek perusahaan, dan sebagainya.

Bekerja Paruh Waktu

Di masa kuliah, mahasiswa dapat mengatur mata kuliah apa saja yang akan dia ambil dalam satu semester. Kadang, meski mengambil banyak mata kuliah, mahasiswa masih memiliki banyak waktu luang.

Nah, waktu luang ini dapat dimanfaatkan untuk mencari peluang bekerja paruh waktu. Lokasi pekerjaannya bisa beragam, asal tekun, mahasiswa bisa saja mendapat tempat kerja paruh waktu yang cocok untuknya.

Memberi Les

Tawaran untuk mendampingi les untuk siswa Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) bisa dijumpai di mana-mana. Tawaran ini kadang juga terbuka bagi mahasiswa. Untuk itu, pelajar dapat mengisi lowongan ini menjadi pendamping belajar bagi anak sekolah SD dan SMP. Tawaran gaji untuk pekerjaan ini pun tergolong lumayan. Untuk sekali pendampingan, seorang mahasiswa dapat menghasilkan Rp 40-100 ribu.

Konten Kreator

Banyak perusahaan produksi konten yang membutuhkan tenaga muda yang penuh inovasi. Peluang ini kadang terbuka juga bagi mahasiswa. Tak bisa dipungkiri, peluang ini menjanjikan pemasukan yang lumayan dan dapat dikerjakan di sela-sela belajar di kampus.

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu!




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*