Prospek Cerah Lulusan Program Studi Teknik Informatika




Mahasiswa Universitas Paramadina
Mahasiswa Universitas Paramadina (KalderaNews/Dok. Paramadina)

JAKARTA, KalderaNews.com – Lulusan Teknik Informatika (TI) dapat mengambil peran besar di era revolusi industri 4.0 saat ini. Bukan hanya perusahaan teknologi yang akan menyerap lulusan  Program Studi Teknik Informatika namun BUMN, PNS, perusahaan swasta maupun perusahaan besar seperti Facebook, Twitter, Google juga banyak membutuhkan.

Jika kalian suka main game komputer, senang dengan beragam aplikasi yang bertumbuh setiap waktu, atau menikmati proses pembuatan animasi, tak ada salahnya kamu pelajari serunya kuliah di Program Studi Teknik Informatika Universitas Paramadina.

Sebagai mahasiswa Program Studi Teknik Informatika (Prodi TI) kalian akan dibekali kompetensi di bidang Informatika secara umum, Internet of Things (IoT), dan Game Industry. Lulusan Prodi TI akan memiliki bekal pengetahuan kuat terhadap dasar dan pokok ilmu teknik informatika dan menerapkannya dalam pemecahan masalah.

BACA JUGA:

Tak hanya itu, lulusan Prodi TI dirangsang untuk menumbuhkan ide-ide kebaruan, serta mampu mengimplementasikan dan mengevaluasi dari solusi berdasarkan prinsip-prinsip yang sehat (sound principles) dan pemikiran yang teliti (rigorous thinking). Tentu akan dibekali juga tradisi riset yang baik dan bekal networking dengan berbagai pihak.

Game Industry saat ini telah menjadi sektor kreatif baru yang menjanjikan luasnya lapangan kerja. Buat kalian yang tertarik dengan game, nah jangan ragu lagi untuk memperdalam pengetahuanmu di sini. Pertama-tama akan dibekali dengan konsep dasar game enterprise. Agar pemahamanmu kuat maka akan dikenalkan dengan definisi dan sejarah permainan global dan nasional, berbagai genre dan platform, struktur dan kondisi industri game di Indonesia serta dunia terkini.

Dengan bekal tersebut pemahaman akan konsep dan cara kerja industri game akan dikuasai, kemudian mampu menganlisis tren game yang akan datang serta menilai potensi dari sebuah game.

Jika tak terlalu suka dengan game tentu bekal dasar teknik informatika kalian akan mumpuni untuk masuk ke bidang yang lain yang beragam. Lihat betapa bervariasinya konsentrasi riset yang dilakukan dosen TI diantaranya Game as a way of uniting IndonesiaComputational Thinking for K1-12 (CT); Ontology and Knowledge Representation (ORP);  Natural Language Processing (NLP); Information Retrieval (IR); serta Adoption and diffusion of IT. Seru bukan?

Mahasiswa Universitas Paramadina
Mahasiswa Universitas Paramadina (KalderaNews/Dok. Paramadina)

Akademisi dan praktisi menjadi latar belakang para pengajar di Prodi TI yang akan membekali kalian dengan wawasan yang luas dan berbasis pengalaman yang matang.

Suasana interaksi di kampus Universitas Paramadina sangat nyaman, baik antar angkatan maupun lintas jurusan. Hubungan dengan dosen juga sangat cair, jadi kalian bisa berkonsultasi tanpa rasa sungkan. 

Satu keuntungan lagi adalah hubungan dengan alumni juga sangat erat. Para alumni yang sudah terjun sebagai profesional tak sungkan memberikan bimbingan bagi mahasiswa tingkat akhir untuk memasuki dunia kerja. Para alumni ini bukan mentor biasa, diantara mereka telah memiliki posisi kunci di perusahaan unicorn maupun start up. Para alumni ini masih tetap berkontribusi membimbing adik angkatan baik semasa kuliah maupun ketika hendak masuk dunia kerja.

Apa saja sih prospek kerja lulusan Prodi TI?

Memang sektor teknologi informasi sering menjadi pilihan pertama dalam karir yang didamba lulusan TI. Bagi kalian yang memiliki minat dan kemampuan menciptakan konsep game tentu menjadi desainer game adalah pilihan yang menarik.

Sedikit berbeda dengan game designer, kalian bisa memilih profesi game programmer jika kalian lebih berminat untuk mengulik program game yang sudah dibuat dokumen spesifikasinya, melakukan pengujian atas fungsi-fungsi yang dikembangkan serta melakukan testing berdasarakan input dari user.

Jika kalian memiliki kemampuan memadukan seluruh elemen dalam produksi game terdapat pilihan karier sebagai game entrepreneur. Elemen-elemen tersebut adalah desain, pengembangan, dan elemen kreatif. Kemampuan kalkulasi ekonomi dari pengembangan sebuah game tentu diperlukan untuk menghasilkan produk yang memiliki daya jual.

Sebagian lulusan Prodi TI menggemari riset, menularkan dan mengembangkan ilmu yang telah dipelajarai kepada orang lain. Nah jika ini adalah minat kalian maka bisa memilih menjadi profesi sebagai akademisi.

Ada juga pilihan sebagai Junior System Analyst yang dituntut menggunakan teknik-teknik analisis dan desain untuk memecahkan persoalan bisnis menggunakan teknologi informasi. Seorang sistem analis bisa berperan sebagai agen perubahan yang dapat mengidentifikasi peluang perbaikan bagi organisasi sesuai kebutuhannya.

Alternatif menarik lainnya adalah profesi programmer atau juga sering disebut software developer, merupakan individu yang menciptakan perangkat lunak komputer. Pilihannya kalian bisa spesialis pada satu bidang komputer, atau bisa juga menjadi seorang generalis yang mampu menulis berbagai macam program.

Nah sangat menarik bukan untuk menjadi mahasiswa Teknik Informatika? Yuk kepoin infonya di Universitas Paramadina.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*