PlasmaHub, Platform Plasma Konvalesen yang Menampung 600-an Pemohon dalam 3 Pekan, Wow!

plasmahub, donor plasma konvalensen
Tampilan PlasmaHub buatan ITS. (KalderaNews/doc. ITS)
Sharing for Empowerment

SURABAYA, KalderaNews.com – PlasmaHub merupakan aplikasi buatan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) yang berfungsi menghubungkan pendohor plasma konvalesen dengan pasien yang membutuhkannya. Meskipun platform ini baru diluncurkan tiga pekan lalu, tetapi permohonan plasma konvalesen sudah mencapai angka 649.

Hal ini membuktikan keberadaan platform PlasmaHub ini sangat berguna bagi masyarakat Jawa Timur. Ketua Tim Teknis Pengembang PlasmaHub ITS, Agus Budi Raharjo, mengungkapkan pada Sabtu, 14 Agustus 2021, “Sejumlah pemohon yang telah mendapatkan pendonor sekitar 234 orang. Bahkan sekarang ini sudah ada 44 calon pendonor yang siap dipasangkan.”

BACA JUGA:

Fitur unggulan yang dimiliki PlasmaHub adalah menghubungkan calon pendonor dan pemohon donor plasma konvalensen yang dilengkapi dengan tiga fitur utama adalah Donor-Recipient Matching, Donor Stock, dan Screening Reminder.

Donor-Recipient Matching adalah fitur untuk mencocokkan permintaan donor dengan pendonor yang tersedia atau Donor Stock. Jika terdapat donor yang teredia, pemohon donor akan mendapatkan notifikasi. Meski dicocokkan, identitas kedua pihak tersebut akan tetap menjadi rahasia. Hal ini merupakan etika dan langkah kewaspadaan untuk mencegah adanya proses transaksional di kemudian hari, seperti mimsalnya adanya calon yang muncul dari adanya platform ini.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*