7 Tip Penting Persiapan Kuliah di Luar Negeri, Cekidot Guys!

Sharing for Empowerment

Rencanakan dengan matang

Bila sudah menemukan alasan yang tepat untuk kuliah di luar negeri, buatlah rencana yang matang untuk mewujudkan impianmu itu. Selain persiapan fisik, pesiapkan juga mental untuk hidup mandiri di negeri orang. Perencanaan yang matang meliputi negara tujuan, perguruan tinggi yang tepat, jurusan yang akan diambil, perkiraan biaya hidup, dan lain-lainnya.

Kumpulkan segala hal informasi yang akurat terkait negara tujuan dan kampus yang dituju. Termasuk area tempat tinggal dan lokasi mencari kebutuhan sehari-hari. Jangan lupakan informasi mengenai transportasi publik yang lazim digunakan di negara tujuan.

Siapkan semua dokumen pendukung

Bila telah menentukan negara tujuan dan perguruan tinggi impian, siapkan seluruh dokumen penting seperti visa, paspor, juga ijazah atau dokumen pendukung lainnya. Siapkan terkumpul dalam satu wadah khusus yang aman dan tidak mudah tercecer nantinya.

Siapkan biaya

Selain biaya kuliah, biaya akomodasi, tempat tinggal, dan kehidupan sehari-hari di sana harus dipertimbangkan dan dihitung dengan baik. Bila kamu mencari beasiswa untuk dapat kuliah di luar negeri, perhatikan seluruh syarat yang diminta beserta manfaat yang diberikan beasiswa tersebut. Bisa jadi fasilitas beasiswa yang kamu dapatkan dapat meringankan beban biaya yang diperlukan selama kuliah di sana.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*