Mahasiswa ITS Ciptakan Platform Tip Jitu Hindari Kuliah Salah Jurusan, Pelajar Perlu Tahu!




Ilustrasi: Pilih Jurusan Kuliah

SURABAYA, KalderaNews.com – Kuliah yang salah jurusan dapat membuat semangat belajar hilang di tengah jalannya perkuliahan. Bahkan kuliah salah jurusan ini dapat juga menyebabkan drop out. Sehingga sangat penting bagi pelajar sekolah menengah untuk terus mencari informasi terkait jurusan kuliah yang sesuai dengan minat.

Selain mengikuti informasi mengenai jurusan kuliah yang tersedia di www.kalderanews.com, pelajar sekolah menengah atas atau yang sederajat dapat juga mengakses informasi melalui sebuah platform pendidikan buatan anak bangsa.

BACA JUGA:

Mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) membuat platform pendidikan yang dinilai dapat membantu pelajar Indonesia dalam menemukan jurusan kuliah yang tepat sesuai dengan minat dan menghindari adanya salah jurusan.

Mahasiswa ITS yang menciptakan platform pendidikan tersebut merupakan sebuah tim yang terdiri dari lima orang mahasiwa dari beragam jurusan. Mereka adalah Muhammad Abdul Rozzaq Khaidhor (Fisika, 2017), Ibnu Majid (Teknik Elektro Otomasi, 2017), Taufiqurrahman Hafiidh Datau (Fisika, 2017), Fajrur Rido Ataubakumarwa (Teknik dan Sistem Industri 2017) dan Annisa Indah Maharani (Fisika, 2018).

Mereka berlima bekerja sama dalam sebuah tim dan menggagas sebuah platform  belajar yang bernama Sanggar Edukasi. Platform ini ditujukan untuk siswa-siswa di Indonesia, terutama yang akan melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi.

Menurut Abdul Rozzaq Khaidhor yang merupakan ketua tim, ide awal Sanggar Edukasi ini berasal dari keprihatinan para anggota tim atas permasalahan siswa salah jurusan yang sering dijumpai. Sebanyak lebih dari 80% pelajar di Indonesia merasa salah jurusan dan sebagian besar merasa malas untuk belajar.

“Hal ini terjadi karena para pelajar belum menemukan alasan kuat mengapa meraka mengambil jurusan tersebut dan mengapa mereka harus belajara tentang hal tersebut dan mengapa mereka harus belajara tentang hal tersebut,” jelasnya.

Dalam mengambil keputusan siswa seharusnya sudah mengetahui gambaran umum kehidupan masa depan yang mereka inginkan. Hal ini membuat mereka bisa belajar dan mengambil keputusan sesuai dengan tujuan besar dalam kehidupan mereka.

Dengan memiliki gambaran yang jelas tentang masa depan tersebut, mereka akan memiliki semangat yang tidak pernah habis untuk mencapai cita-cita besar dalam hidupnya. “Kehadiran Sanggar Edukasi ini diharapkan mampu membantu para pelajar dalam menyelesaikan permasalahan tersebut,” papar Abdul Rozzaq.

Fitur yang terdapat di dalam Sanggar Edukasi antara lain:

  • Informasi mengenai Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)
  • Informasi tentansg Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)
  • Informasi tentang jurusan kuliah dan lain-lain

“Sesekali kami juga mengadakan sesi bincang-bincang dengan narasumber hebat untuk membagikan tips dan trik lolos kampus impian,” imbuh Abdul Rozzaq. Ia juga menambahkan bahwa Sanggar Edukasi telah dibentuk sejak 28 Oktober 2019. Sejak itu Sanggar Edukasi mampu membantu pelajar di Indonesia untuk menentukan tujuan mereka, terutama dalam memilih Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Tidak hanya itu, Sanggar Edukasi juga telah berhasil lolos pendanaan Kegiatan Berwirausaha Mahasiswa Indonesia (KBM) dan menjadi tenant Inkubator Bisnis ITS. Dengan pencapaian tersbeut, Rozzaq dan kawan-kawannya bertekad untuk meningkatkan sistem di dalam Sanggar Edukasi.

Salah satu pengembangan yang dimaksud adalah proses pembuatan aplikasi yang akan dikembangkan lagi sehingga dapat mendampingi pelajar Indonesia untuk mencapai mimpi mereka. Meski demikian, pencapaian yang lebih membahagiakan lagi adalah ketika tim mendapat kabar bahwa siswa yang mereka bombing berhasi lolos ke PTN impiannya.

Keberhasil ini yang membuat Abdul Rozzaq dan timnya merasa bahwa tujuan awal yang dibuatnya telah tercapai. “Namun, tidak ingin cepat puas, kami akan selalu berusaha untuk meningkatkan dan mengembangakan platform ini,” pungkas mahasiswa angkatan 2017 ini.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*