3 Keuntungan Ambil PhD di Belanda, Ikuti PhD Recruitment 29 Oktober 2021

PhD Recruitment 2018: One-on-One Session dengan para profesor atau delegasi dari universitas dari Belanda di Gedung Perpustakaan Nasional, Jakarta, Jumat, 11 November 2018
PhD Recruitment 2018: One-on-One Session dengan para profesor atau delegasi dari universitas dari Belanda di Gedung Perpustakaan Nasional, Jakarta, Jumat, 11 November 2018 (KalderaNews/JS de Britto)

JAKARTA, KalderaNews.com – Apakah Kamu ingin mengambil PhD di Belanda? Jangan lewatkan kesempatan emas PhD Recruitment 2021 yang diselenggarakan Kedutaan Besar Kerajaan Belanda di Indonesia, Nuffic Neso Indonesia dan AcademicTransfer pada Jumat, 29 Oktober 2021.

PhD Recruitment 2021 adalah agenda tahunan institusi dan profesor Belanda mencari mahasiswa pascasarjana dari Indonesia yang ingin mengambil PhD di Belanda.

So, buat mahasiswa S2 atau peneliti yang tertarik ambil PhD di Belanda cukup mendaftar PhD Recruitment 2021 secara online, membuat profil dan mengunggah CV dalam bahasa Inggris. Setelah itu, kalau cocok pelamar akan diundang untuk mengikuti sesi video wawancara secara online selama 20 menit dengan profesor Belanda untuk mendiskusikan proposal penelitian atau ide penelitian kalian.

BACA JUGA:

Koordinator Promosi Pendidikan Nuffic Neso Indonesia, Inty Dienasari pada KalderaNews menyampaikan format acara PhD Recruitment 2021 berbeda dengan acara tahun-tahun sebelumnya, dimana acara tahun ini dilakukan secara online karena pandemi Covid-19. So, pelamar yang diundang untuk wawancara bisa mengikutinya dari rumah dengan nyaman.

Acara ini sangat terbuka untuk pelamar dengan pendanaan sendiri dan pelamar yang bersedia mengajukan beasiswa nasionalnya. Pendanaan harus mencakup 4 tahun penuh selama ambil PhD untuk biaya hidup dengan estimasi sekitar €1300/bulan.

PhD Recruitmen 2021 adalah kesempatan emas buatmu untuk berdiskusi dengan calon supervisor PhD Belanda di masa depan tentang ide-ide penelitianmu. Apalagi, ada banyak keuntungan yang didapatkan jika ambil PhD di Belanda:

1). Biaya Gratis

Jika ambil PhD di Belanda maka jika kamu beruntung maka tidak perlu membayar biaya kuliah selama empat tahun penuh. Namun wajib dicatat baik-baik bahwa tidak semua peneliti bisa mendapatkan profesor yang match dengan proposal mereka. Namunb khusus untuk acara tahun ini, PhD Recruitmen 2021 hanya untuk kandidat asal Indonesia yang akan kuliah atau ambil PhD dengan pendanaan sendiri atau bersedia melamar di penyedia beasiswa nasional mereka, seperti dari Kemendikbudristek atau Kemenag dan lain-lainnya. Universitas Belanda akan membantu pelamar mengisi dokumen yang tepat.

2). Peringkat Teratas

Semua universitas di Belanda berada di peringkat teratas dunia. Selain itu, Belanda sendiri terletak di pusat Eropa.

3). Tidak Perlu Belajar Bahasa Belanda

Kamu tidak perlu belajar bahasa Belanda. Hampir semua orang Belanda berbicara bahasa Inggris. So, disertasi dan hasil penelitian bisa dalam bahasa Inggris.

Persyaratan Ikut PhD Recruitment 2021

  • Punya Gelar master (atau segera dapat gelar master)

Di Belanda gelar master sifatnya wajib, jika ingin memulai PhD. So, di acara ini hanya kamu yang sudah memiliki gelar master (S2) lah yang bisa berpartisipasi. Jika baru memiliki gelar sarjana, kamu tentu tidak dapat berpartisipasi dan tidak dapat melamar untuk wawancara.

  • Punya Sertifikat TOEFL/IELTS (atau segera diperoleh)

Sebagian besar universitas di Belanda mensyaratkan skor TOEFL minimal 80 atau IELTS 6,5.

So, semakin cepat melakukan pendaftaran, semakin cepat pula profesor mempelajari CV kamu: Pendaftaran PhD Recruitment 2021.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*