Bingung Memilih Jurusan di SMA? Inilah Perbedaan Jurusan IPA, IPS, dan Bahasa

Sejumlah pelajar SMA mengenakan pakaian batik
Sejumlah pelajar SMA mengenakan pakaian batik (ANTARA FOTO/Zabur Karuru)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Saat duduk di bangku SMP, kita memperlajari seluruh pelajaran IPA, IPS, dan Bahasa. Namun, lain halnya ketika kita duduk di bangku SMA nanti. Di SMA kita akan diminta memilih jurusan. Memilih jurusan ini kerap mendatangkan kebingungan.

Tiga jurusan yang terdapat di SMA adalah IPA, IPS, dan Bahasa. Masing-masing jurusan tersebut fokus mempelajari mata pelajaran yang masuk ke dalam tiga kelompo tersebut. Agar tidak bingung dalam memilih jurusan di SMA, inilah perbedaan jurusan di SMA yang harus kamu tahu.

BACA JUGA:

Jurusan IPA

Banyak beredar mitos bahwa jurusan IPA ini diisi dengan anak-anak pintar, rajin, sibuk belajar. Selain itu, mitos yang kental beredar adalah anak IPA terjamin masa depannya, dapat diterima di jurusan mana saja. Padahal itu hanya stereotype yang harus mulai dihapus sejak sekarang. Pasalnya tidak semua anak IPA itu rajin dan pintar, dan tidak semudah itu diterima di jurusan favorit.

Di jurusan ini kamu akan banyak belajar mengenai mata pelajaran yang memiliki dasar ilmu eksak. Hari-harimu akan penuh dengan materi Matematika, Fisika, Biologi, dan Kimia. Meskipun tampaknya banyak materi yang penuh hitungan, sebenarnya tidak demikian juga. Rumpun pelajaran IPA lebih menekankan ke pemahaman akan ilmu pasti, sehingga anak jurusan IPA dituntut untuk berpikir analitis.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*