Tip Sukses Mahasiswa Semester 5, Masa Tersulit Saat Kuliah




Ilustrasi: Mahasiswa di sebuah kampus. (KalderaNews.com/Ist.)
Ilustrasi: Mahasiswa di sebuah kampus. (KalderaNews.com/Ist.)

JAKARTA,KalderaNews.com – Pandemi membawa perubahan di berbagai sektor kehidupan, termasuk sektor pendidikan. Salah satu bentuk perubahan yang terjadi adalah perkuliahan menjadi diselenggarakan secara daring. Berbagai kendala muncul dalam perkuliahan daring ini.

Bila mahasiswa secara umum mengalami kesulitan akibat belajar daring, demikian juga halnya yang dialami oleh mahasiswa semester 5. Semester 5 dianggap merupakan masa paling berat selama perkuliahan dengan beragam permasalahannya.

BACA JUGA:

Agar kamu dapat melewati masa terberat ini, inilah 5 panduan yang dapat kamu lakukan. Cekidot!

Tuliskan semua tugas dan kegiatan dalam agenda atau kalender

Cara ini akan membantumu mengingat semua tugas dan membuatmu dapat menentukan skala prioritas tugas dan kegiatan.

Tetapkan target

Dengan poin pertama di atas, maka tentukan target maksimal jumlah tugas yang dapat kamu kerjakan dalam satu hari. Cara ini akan mengurai tugas yang tampak segunung menjadi tugas kecil-kecil dan terselesaikan dengan tenggat waktu yang sesuai.

Gunakan bantuan dari sekitar

Bila kamu merasa benar-benar stres karena suatu kelas, cobalah berbagi dengan teman yang juga mengikuti kelas yang sama. Atau kamu dapat juga berbagi rasa dengan kakak tingkat atau dosen. Mereka pasti mempunya perspektif yang berbeda terhadap situasi yang sedang kamu alami dan akan urun saran atau solusi untukmu.

Coba hal baru

Agar pikiranmu tetap terjaga positif, lakukan hal-hal baru yang telah lama ingin kamu coba. Pengalaman ini dapat menjaga perasaan dan mentalmu agar tetap seimbang. Selain itu, cara ini data mengalihkan pikiranmu dari hal negatif yang dapat membuatmu resah.

Jangan lupakan me time

Jangan lupa untuk meluangkan waktu guna memberi waktu sedikit bagi dirimu untuk bernafas lega. Ingat bahwa kamu tidak sendiri menghadapi semester ini. ‘Me time’ ini dapat berguna mengembalikan semangat yang kendur dan memberimu kobaran semangat baru agar makin siap menghadapi situasi dan permasalahan di semester 5 ini.

Lima cara di atas sebenarnya dapat juga dilakukan oleh mahasiswa semester lain agar tidak terlalu penat dalam menjalani kehidupan perkuliahan. Yuk semangat yuk!

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu!




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*