Panduan Mudah Mencari Judul Skripsi, Mahasiswa Tingkat Akhir Wajib Baca




Menulis skripsi merupakan salah satu tahapan menantang dalam studi mahasiswa (KalderaNews/Ist)

JAKARTA, KalderaNews.com – Skripsi merupakan mata kuliah yang berbeda sendiri dari pelajaran lain yang telah kamu pelajari pada semester sebelumnya. Dalam praktiknya, mencari judul skripsi jadi bagian tersulit untuk ditemukan sehingga mahasiswa harus mencari cara yang tepat untuk mendapatkannya dengan cepat dan tepat.

Sebenarnya, judul skripsi dapat dengan mudah dibuat bila kita memahami strateginya. Tidak perlu berpikir terlalu tinggi dan jauh, ide brilian dapat kita temukan di sekitar kita. Inilah panduan mudah mencari judul skripsi yang dapat kamu aplikasikan.

BACA JUGA:

Apa minatmu?

Mengerjakan skripsi tentu butuh niat yang besar dan semangat yang tidak boleh kendor. Ide yang benar-benar menarik minat berpengaruh besar dalam membantumu mempertahankan niat dan semangat. Saat kamu sedang buntu mencari ide, cobalah duduk, siapkan pulpen dan kertas lalu mulailah bertanya pada dirimu sendiri.

Rajin membaca punya kakak tingkat

Skripsi dapat menjadi alasan yang umum kamu terlambat lulus. Alasannya karena tema atau topik skripsi yang tidak ada. Kamu dapat membaca skripsi dari kakak tingkat di perpustakaan. Tidak perlu membaca seluruh skripsi ini hingga habis, cukup membuatmu familiar dengan rumusan masalah serta garis besar penelitian para senior angkatan.

Mengulik jurnal lama

Jurnal yang lama juga dapat dikulik dicari temanya. Jurnal lama ini dapat dicari di internet maupun di perpustakaan kampus. Mengembangkan ide seperti ini bukan berarti kita plagiat, sebaliknya, kamu justru mengembangkan dan menyempurnakan ilmu pengetahuan yang sudah ada.

Ide dari situs berita terpercaya

Cara mudah berikutnya adalah dengan mencari judul skripsi dengan membaca berita atau media ilmiah. Dari sana kita bisa mendapatkan informasi terbaru yang akan membuat otakmu makin terangsang untuk melahirkan ide-ide penelitian.

Sharing sama senior

Bila kamu punya pacar atau sedang didekati kakak tingkat manfaatkan kesempatan ini untuk banyak bertukar pikiran tentang tema skripsi.

Cari kelas yang sesuai minat

Meskipun perkuliahan di kelas sudah habis, kamu dapat ikut kelas yang sesuai dengan minatmu untuk dapat menemukan tema dan judul skripsi. Cara ini dapat dipakai sebagai pancingan untuk melahirkan ide baru.

Jangan perfeksionis

Banyak mahasiswa yang lama lulus karena terlalu perfeksioni dalam membuat skripsi yang bertema berat dan berskala internasional. Alih-alih dapat lulus cepat, justru cara ini dapat membuatmu membutuhkan waktu yang lama dan ilmu yang dalam untuk menyelesaikannya. Bila kamu telah berada di penghujung batas waktu kuliah, cobalah sedikit realistis dengan membuat skripsi yang ringan-ringan saja.

Bila mau lanjut kuliah, jadikan tema yang dapat dilanjutkan

Bila kamu sudah mempunyai rencana untuk melanjutkan kuliah, makan kamu dapat jadikan tema skripsi saat ini untuk tesismu kelak. Jika kamu berencana mencari beasiswa untuk lanjut S-2 ini, maka langkah ini akan menguntungkan bagimu.

Jangan dibuang bila sudah ketemu ide

Bila sudah menemukan ide skripsi, tetapi belum terlalu percaya diri, cara terbaik yang dapat kamu lakukan adalah mencari dosen dan meminta pendapat mereka mengenai judul skripsi yang akan kamu ajukan. Siapa tahu kamu bisa mendapat masukan dari para dosen pembimbing.

Gabung proyek dosen

Selain membuat skripsi secara mandiri, kamu juga dapat membantu dosen dalam proyek mereka dan menjadikan proyek tersebut menjadi penelitianmu. Mungkin salah satu dosen di kampusmu sedang mendapatkan dana hibah penelitian, dan membuka kesempatan bagi mahasiswa untuk ikut serta mengerjakannya.

Sepuluh panduan mudah tersebut di atas dapat kamu aplikasikan untuk dapat menemukan judul skripsi yang tepat. Sekarang sudah mulai ada pencerahan untuk menentukan judul skripsi, kan? Yuk semangat!

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu!




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*