Simak, Begini Perubahan Mekanisme Penerimaan Mahasiswa Baru PTN 2022

Sharing for Empowerment

Batas akhir registrasi akun bagi sekolah dan siswa adalah sama yaitu 15 Februari 2022. Dilanjutkan dengan penetapan siswa yang memenuhi syarat (eligible) oleh sekolah mulai 4 Januari s.d. 8 Februari 2022.

Pengisian PDSS dimulai 8 Januari sampai 8 Februari 2022. Pendaftaran SNMPTN akan berlangsung pada 14-28 Februari 2022.

Pengumuman Hasil SNMPTN dijadwalkan pada 29 Maret 2022. Adapun UTBK-SBMPTN tahun 2022 menggunakan komputer dan biaya ditanggung oleh peserta serta disubsidi pemerintah.

“Beragam bentuk tes masuk perguruan tinggi negeri yang nantinya akan dilaksanakan secara luring terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan oleh sebagian pihak yang terlibat dalam proses masuk perguruan tinggi mulai dari wali murid baik guru atau orang tua hingga siswa itu sendiri agar mampu menyiapkan pilihan yang sesuai dengan minat supaya kegiatan perkuliahan di kedepannya mampu berjalan dengan baik dan sesuai dengan tujuan awal,” ujar Plt. Dirjen Diktiristek Kemendikbudristek, Nizam.

SNMPTN merupakan seleksi berdasarkan nilai akademik saja atau nilai akademik dan prestasi lainnya yang ditetapkan oleh PTN dengan biaya subsidi penuh pemerintah. Sedangkan SBMPTN adalah seleksi calon mahasiswa baru PTN berdasarkan hasil Ujian Tubs Berbasis Komputer (UTBK) saja, atau hasil UTBK dan kriteria lain yang ditetapkan bersama oleh PTN.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*