Fakta dan Mitos Tentang Otak Kanan dan Kiri, Pelajar Harus Paham

senam otak
Otak kanan dan otak kiri. (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Otak merupakan organ paling penting bagi homo sapiens. Sebab otak akan bertindak sebagai pusat koordinasi. Otak besar atau cerebrum merupakan bagian terbesar dari otak manusia yang bertugas untuk memproses semua kegiatan intelektual, seperti kemampuan berpikir, penalaran, mengingat, membayangkan hingga merencanakan masa depan.

Otak besar ini terdiri dari dua belahan, yaitu kiri da kanan. Kedua belahan tersebut kiri dan kanan. Kedua belahan tersebut tentunya mempunyai struktur yang sangat kompleks dan fungsi yang berbeda.

BACA JUGA:

Ada yang mengatakan bahwa mereka yang lebih dominan dengan otak kiri lebih pintar matematika, dan yang dominan otak kanan lebih unggul dalam kreativitas. Ini fakta atau mitos?

Teori mengenai perbedaan fungsi otak kiri dan otak kanan telah popular sejak tahun 1960-an yang diteliti oleh Roger Sperry, yang merupakan seorang neuropsikolog. Ia menemrukan bahwa akal manusia terdiri dari dua bagian dengan fungsi khusus yang tidak harus bergantung antara satu bagian dengan bagian lainnya.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*