Dear Mahasiswa, Inilah Tip Bijak Bermedia Sosial dari Ditjen Diktiristek

Ilustrasi: Logo media sosial. (KalderaNews.com/Ist.)
Ilustrasi: Logo media sosial. (KalderaNews.com/Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Siapa yang gak punya akun media sosial? Pasti kalian semua punya ya!

Melalui media sosial, kita bisa terhubung dan berkomunikasi dengan teman, kerabat, atau saudara. Lewat media sosial juga, kita bisa mendapatkan aneka informasi, serta berbagai informasi.

BACA JUGA:

Tetapi, dalam penggunaan media sosial juga perlu disertai kebijaksanaan. Karena ketika kita tidak bijak dalam bermedia sosial, ancaman hukum sudah menanti. Kita bisa diduga mencemarkan nama baik, menyebarkan berita hoaks, atau yang lainnya.

Nah, mengutip akun Instagram Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) Kemendikbudristek, Senin, 31 Januari 2022, berikut beberapa tip menggunakan media sosial dengan bijaksana:

  • Pastikan setiap hal yang diunggah tidak membuat orang lain merasa tidak nyaman, baik secara fisik maupun emosional.
  • Jangan berselisih dengan orang lain di media sosial. Jika terjadi perdebatan, diskusikanlah gagasannya bukan menyerang orangnya.
  • Pilih kata yang baik dan tepat saat berkomentar atau membuat unggahan di media sosial.
  • Hargai pendapat orang lain, karena interaksi di media sosial adalah proses pertukaran ide dan gagasan.
  • Jika ingin menyebarkan berita, cari tahu dahulu kebenarannya untuk meminimalisir penyebaran berita hoaks.

Bagi kamu yang aktif menggunakan media sosial, perlu juga diingat bahwa setiap unggahan di media sosial dapat dengan mudah disebarkan, ditangkap layar (screen shoot) dan disimpan oleh orang lain.

Maka, kamu perlu berhati-hati dalam mengunggah segala sesuatu di media sosial. Terutama dengan adanya Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE). Dalam UU ITE mengatur berbagai perlindungan hukum atas kegiatan yang memanfaatkan internet sebagai median, baik saat melakukan transaksi maupun pemanfaatan informasinya.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*