Ini Dampak Serius Kecanduan Internet, Salah Satunya Bikin Kognisi Sosial Negatif

Anak Kecanduan Gadget
Ilustrasi: Anak Kecanduan Gadget

AMBON, KalderaNews.com – Hasil penelitian yang dilakukan oleh dr. Kristiana Siste, dr. Enjeline, dan tim Divisi Psikiatri Adiksi Departemen Ilmu Kesehatan Jiwa FKUI-RSCM di 34 propinsi di Indonesia selama masa pandemi Covid-19 pada bulan Mei-Juli 2020 menunjukkan bahwa angka kecanduan internet adalah 19,3% pada remaja dan 14,4% pada dewasa muda.

Ada sejumlah 2.933 remaja mengalami peningkatan durasi online dari 7,27 jam menjadi 11,6 jam perhari, meningkat sekitar 59,7%. Sedangkan pada 4.734 dewasa muda mengalami peningkatan durasi online menjadi 10 jam/hari.

Hal ini harus diintervensi segera karena kecanduan internet menimbulkan dampak negatif bagi otak, fisik, kesehatan jiwa, dan sosial.

BACA JUGA:

Kecanduan internet menyebabkan seseorang sulit membuat keputusan, sulit konsentrasi dan fokus, pengendalian diri buruk, prestasi menurun, penurunan kapasitas proses memori, serta kognisi sosial negatif. Adiksi gawai berdampak sangat buruk pada anak.

Pendiri Sejiwa, Diena Haryana menambahkan di acara peluncuran gerakan Jagoan (Jauhkan Adiksi Gawai, Optimalkan Potensi Anak) di Ambon, Maluku, 9 Oktober 2021, kalau 1 dari 7 orang dewasa juga mengalami adiksi gawai dan 1 dari 5 remaja mengalami adiksi gawai.

“Ini bisa merugikan potensi Indonesia dalam menghadapi masalah kehidupan yang membutuhkan ketangguhan, keunggulan dan kreatifitas.”

Kini dibutuhkan adalah segala upaya untuk menumbuhkan potensi anak-anak. Apa yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan di Maluku, para penggiat anak serta anak-anak sendiri dalam membangkitkan potensi anak layakdiapresiasi dan menjadi pembelajaran baik buat kita semua.

Ahli neurosains terapan, drg. Anne Gracia memungkasi kalau adiksi gawai itu bukan kondisi spontan, tapi bergulir bersama pembiaran dan pembiasaan.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*