Dear Manga Lover, Kita Ulik Kuliah Jurusan Animasi Yuk




Tugas kuliah
Ilustrasi: mengerjakan tugas kuliah desain. (doc. KalderaNews/Ist)

JAKARTA, KalderaNews.com – Animasi menjadi bagian dari seni, keterampilan, dan bisnis dewasa ini. untuk memperdalam ilmu dan keterampilannya kita dapat menempuh jenjang S-1 Jurusan Animasi. Apakah kita harus pergi ke Jepang untuk belajar ilmu yang satu ini?

Jurusan Animasi di beberapa perguruan tinggi di Indonesia merupakan bagian dari Program Desain Komunikasi Visual atau DKV. Namun pada beberapa perguruan tinggi lainnya, jurusan ini berdiri sendiri sebagai satu program studi.

BACA JUGA:

Jurusan animasi ini dibagi menjadi dua jenis berdasarkan keahlian kompetensinyanya yakni untuk film animasi dan animasi game yang berupa animasi interaktif. Belajara di jurusan Animasi akan membuatmu mengetahui cara dan teknik membuat gambar yang dirancang berurutan sehingga penonnton akan merasakan adanya ilusi gerakan atau motion pada gambar yang ditampilkan.

Di jurusan ini pula kamu akan belajara membuat karakter 2 dimensi, 3 dimensi, dan juga dapat merancang special effects, membuat story board, dan mengetahui cara menulis scenario yang baik. Tampilan visual saja tidak cukup, kamu juga harus mengolah audionya dengan menyambungkan sound effects dan mengisi suara karakter-karakternya .

Peluang dan prospek kerja lulusan jurusan Animasi terbukas angat lebar. Kamu dapat bekerja di studi animasi. Lulusan jurusan animasi juga memiliki peluang karier dalam profesi concept art yang memiliki peranan penting dalam referensi visual untuk dibuat sebuah video 3D. Beberapa profesi yang dapat diisi oleh seorang lulusan jurusan Animasi antara lain: storyboard artis, animator keyframe, perancang game, background painter, sutradara, produser film animasi, animator, game creator, desaner grafis game, dan lain-lainnya.

Jenjang pendidikan jurusan Animasi ini memiliki tingkat Diploma 3, Diploma 4, dan S-1. Beberapa jenis mata kuliah yang dapat dipelajari dari jurusan ini antara lain yaitu prinsip animasi, penulisan cerita dan scenario, pemodelan 3 dimensi, animasi 3 Dimensi, Storyboard  dan penyutradaraan, Sinematografi, Efek Khusus, Teknik Rekaman dan Editing Suara, Animasi Interaktif, Game 2 Dimensi, Game 3 DImensi, Mesin Game, Desain Game dan Kecerdasan Buatan untuk Game, Komunikasi Visual, Proses Kreatif,  dan lain-lain.

Meskipun tidak ada mata kuliah yang berhubungan dengan matematia, di jurusan Animasi ini kamu akan berhadapan dengan mata kuliah yang mengharuskan untuk menggambar dan dituntut untuk mampu membuat gambar yang mendekati kondisi real sehingga perlu perhitungan yang serius.

Pencinta Manga dan yang hobi gambar, tertarik dengan jurusan yang satu ini?

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*