Untidar Magelang Teken Kerjasama Agro Industri dengan BSAA di Republik Belarus




Duh, Ternyata Banyak Prodi di UNTIDAR dan UM Magelang Masih Berakreditasi C
Universitas Tidar Magelang (KalderaNews/Ist)

BELARUS, KalderaNews.com – Universitas Tidar (Untidar) Magelang resmi meneken nota kesepahaman bidang pendidikan agro industri secara virtual dengan Belarusian State Agricultural Academy (BSAA), Gorki, Belarus pada Senin, 24 Januari 2021.

Rektor Untidar, Mukh Arifin menyampaikan bahwa kerja sama ini menunjukkan optimisme dan komitmen kedua universitas dalam upaya memajukan potensi akademiknya.

“Melalui kerja sama ini, Untidar bertekad untuk menyediakan pendidikan yang berkualitas kepada masyarakat dan membawakan peran kepemimpinan di masyarakat melalui kegiatan akademik dan penelitian,” terang Arifin.

BACA JUGA:

Sebagai langkah awal dalam menindaklanjuti nota kesepahaman yang telah ditanda tangani dengan BSAA, kata Arifin, Fakultas Pertanian Untidar akan menjadi menjadi pemegang peranan penting dalam pembahasan pengembangan rencana aksi antar kedua universitas pada tahun 2022.

Lebih lanjut Arifin mengatakan bahwa sejak pendiriannya, Untidar terus menyelenggarakan penelitian pertanian daerah tropis khususnya di lahan vulkanik. Pada abad ke-21 ini, ia mengatakan tantangan dan peluang untuk menyediakan kepakaran dan penelitian di berbagai bidang sangat diperlukan untuk meningkatkan kesejahteraan manusia.

“Dengan reputasi dan kualitas yang dimiliki oleh BSAA sebagai salah satu universitas unggulan di Eropa pada sektor agro industri, diharapkan membuka jalan bagi Fakultas Pertanian Untidar untuk go international, mengembangkan kapasitas dan meningkatkan kualitas pelaksanaan pembelajaran,” harap Arifin.

Sementara itu, Rektor BSAA, Vitali Velikanov dalam sambutannya mengungkapkan kegembiraannya atas kesepakatan yang berhasil diresmikan melalui penandatanganan nota kesepahaman. Kerja sama kedua universitas ini, kata Rektor BSSA merupakan perwujudan penguatan hubungan pendidikan dan kebudayaan antara kedua negara.

“Kami sangat senang dapat merealisasikan kerja sama dengan Universitas Tidar. Saya harap kerja sama ini akan berlangsung dalam jangka panjang untuk memberikan manfaat kepada civitas akademika kedua universitas dan juga masyarakat kedua negara,” tutur Rektor BSAA.

Melalui kerja sama ini, Velikanov meyakini dapat menjembatani promosi berbagai potensi yang dimiliki Indonesia kepada akademisi serta mahasiswa Belarus dan sebaliknya. “Melalui kerja sama ini, saya berharap semakin banyak dosen dan mahasiswa Belarus di BSAA yang mengenal dan mengetahui secara langsung dan lebih dekat tentang Indonesia, termasuk kekayaan budaya dan keindahan alamnya,” tandasnya.

Kerjasama kedua universitas ini terjalin berkat Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Moskow, melalui kantor Atase Pendidikan dan Fungsi Penerangan, Sosial dan Budaya.

Duta Besar Republik Indonesia untuk Federasi Rusia dan Republik Belarus, Jose Tavares berharap kedua perguruan tinggi dapat memfasilitasi dan bertukar keunggulan serta sumber daya yang dimiliki demi kemajuan bersama.

“Dengan kualitas dan rekam jejak selama 185 tahun sejak didirikan pada tahun 1836, BSAA merupakan kampus yang sangat kredibel di Republik Belarus dan kawasan Eropa Timur. Oleh karena itu, saya menyakini Untidar akan dapat memperoleh banyak manfaat melalui kerja sama ini, dan begitupun sebaliknya,” ungkap Dubes Tavares.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*