9 Februari, Hari Pers Nasional, Inilah Kumpulan Ucapan Selamat Hari Pers yang Bisa Kamu Bagikan di Medsos

Logo Hari Pers Nasional 2022. (Ist.)
Logo Hari Pers Nasional 2022. (Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Hari Pers Nasional diperingati tiap 9 Februari. Tanggal ini dipilih karena bertepatan dengan hari ulang tahun Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), organisasi profesi jurnalis pertama di Indonesia.

Berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 5 tahun 1985, disebutkan bahwa pers nasional Indonesia mempunyai sejarah perjuangan dan peranan penting dalam melaksanakan pembangunan sebagai pengamalan Pancasila.

BACA JUGA:

Peringatan HPN tahun ini dipusatkan di Kendari, Sulawesi Tenggara. Tema yang diangkat adalah “Sultra Jaya Indonesia Maju”.

Nah, inilah kumpulan kutipan yang cocok untuk ucapan Selamat Hari Pers Nasional 2022:

  1. Pers adalah instrumen paling baik dalam pencerahan dan meningkatkan kualitas manusia sebagai makhluk rasional, moral, dan sosial. (Thomas Jefferson)
  2. Kebebasan pers, jika itu berarti apa saja, berarti kebebasan untuk mengkritik dan menentang. (George Orwell)
  3. Bahaya terbesar bagi negara ini terletak pada kepemilikan dan pengaruhnya yang besar dalam film, pers, radio, dan pemerintah kita. (Charles Lindbergh)
  4. Apabila kalian ingin menjadi pemimpin besar, bekerjalah seperti reporter dengan sigap, tangkas, dan diplomatis dalam berbicara dan mengumpulkan informasi di sekitar. Selamat Hari Pers Nasional 2022!
  5. Menjadi seorang jurnalis bukanlah hal yang mudah karena dibutuhkan passion yang hebat dalam hal kesungguhan menggali informasi. Selamat hari Pers Nasional!
  6. Pers bebas adalah ibu dari semua kebebasan kita dan kemajuan kita di bawah kebebasan. (Adlai E. Stevenson II)
  7. Ketika seorang jurnalis sudah turun lapangan maka di situlah dia berjuang dengan segenap upaya untuk mendapatkan informasi yang berharga di tengah masyarakat. Selamat Hari Pers Nasional 2022!
  8. Jangan menyerah untuk menjadi seorang jurnalis yang jujur dan amanah. Hilangkan berita settingan dan framing yang bisa menghancurkan nilai-nilai fundamental jurnalistik. Selamat Hari Pers Nasional.
  9. Seorang jurnalis yang pernah menyebarkan berita hoax tidak layak disebut sebagai jurnalis profesional karena sudah memberikan berita bohong yang bisa menyesatkan publik. Selamat Hari Pers Nasional 2022!
  10. Mengkritiklah dengan membangun menggunakan solusi bukan semata karena sensi. Lakukan hal terbaik sebagai jurnalis untuk membangun negeri ini menjadi negeri yang demokratis. Selamat Hari Pers Nasional 2022!
  11. Banyak yang tidak mengetahui peran besar jurnalis dalam pembangunan suatu bangsa. Tanpa adanya jurnalis maka masyarakat tidak akan mendapatkan informasi yang kredibel dan up to date. Selamat Hari Pers Nasional 2022!
  12. Banyak orang yang menganggap bahwa seorang jurnalis adalah pekerjaan yang mudah dan menyenangkan, tetapi mereka lupa dengan perjuangan kami yang turun sampai ke pelosok demi mendapatkan seonggok informasi. Selamat Hari Pers Nasional 2022!
  13. Alasan kecil mengapa para novelis makin menjauhkan diri dari para jurnalis adalah bahwa para novelis berusaha untuk menulis kebenaran dan para jurnalis berusaha menulis fiksi. (Graham Greene)
  14. Kepengarangan yang memiliki faal (perbuatan) sosial pada gilirannya harus pula bersambung dengan pers yang progesif. (Pramoedya Ananta Toer)
  15. Sebenarnya, saya lulus dari universitas sebagai jurnalis. (Hugh Jackman)

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*