15 Alasan Mengapa Kita Harus Menguasai Bahasa Inggris, Cek It Out




Ilustrasi Kelas Bahasa Inggris (KalderaNews.com)
Ilustrasi Kelas Bahasa Inggris (KalderaNews.com)

JAKARTA, KalderaNews.com –  Bahasa Inggris sudah hampir terasa seperti bahasa kedua kita para generasi Z.  Buktinya, sehari-hari kita banyak memakai kosakata bahasa Inggris atau bahkan berbicara dengan menggunakan bahasa internasional ini. Bahkan, beberapa tahun terakhir ini muncul bahasa Jakselian yang kental dengan kosakata bahasa Inggris.

Kita mempelajari bahasa Inggris sejak duduk di bangku TK. Namun, demikian, masih ada saja golongan kita yang malas dan enggan belajar bahasa dari negerinya Ratu Elizabeth ini.

BACA JUGA:

Agar motivasi dan keinginan kita meningkat dalam belajar bahasa Inggris, inilah 15 alasan penting mengapa kita perlu belajar bahasa Inggris.

Kesempatan mendapatka pekerjaan

Bahasa Inggris dapat membuat kita berkesempatan mendapatkan pekerjaan yang kita impikan. Dengan kemampuan berkomunikasi menggunakan dua bahasa, hal ini akan menjadi nilai tambah pada diri kita. Selain itu, kita bisa mendapat kesempatan memperoleh karier di tingkat internasional jika kemampuan bahasa Inggris kita sangat baik.

Bahasa global

Bahasa Inggris merupakan bahasa global yang dipakai dalam ilmu pengetahuan serta banyak dipakai di berbagai negara. Dengan menguasai bahasa Inggris, kita akan dapat beradaptasi dan bercakap dengan siapa saja dari belahan bumi mana pun. Bahasa Inggris merupakan modal utama untuk memperluas pergaulan kita ke seluruh penjuru dunia.

Mudah diterima di dunia

Jika kita menguasai bahasa Inggris, kita dapat berkunjung dan berkomunikasi langsung dengan orang yang tinggal di negara tujuan kita. Bahasa Inggris juga dikatakan dapat menyatukan umat manusia di seluruh dunia.

Selalu ada dalam film yang beredar internasional

Film memang berasal dari berbagai negara. Namun, bila dialog dalam film tersebut tidak menggunakan bahasa Inggris, biasanya akan menggunakan subtitle bahasa Inggris. Dengan menguasai bahasa Inggris dengan baik, kita dapat menikmati film dan dapat menangkap pesan yang terkandung dalam film tersebut.

Bahasa ekonomi

Situasi ekonomi dunia selalu dibahas dengan menggunakan bahasa Inggris. Dengan mempelajari bahasa Inggris, kita bisa mengikuti dan memahami situasi perekonomian dunia dan pengembangan inovasi teknis yang ada di dunia.

Mengikuti perkembangan zaman

Perkembangan zaman bergulir setiap detik. Dengan menguasai bahasa Inggris, kita bisa mengikuti perkembangan informasi dan pengetahuan yang berlangsung dengan cepat itu.

Paham teknologi

Alat teknologi atau gawai terbaru selalu menggunakan bahasa Inggris untuk pengoperasiannya. Buku manual dari gawai tersebut juga kebanyakan menggunakan bahasa Inggris. Dengan menguasai bahasa Inggris kita dapat terbantu dalam memahami teknologi secara baik dan benar.

Menambah pengetahuan

Mempelajari suatu hal dapat dilakukan dengan sangat mudah dari mana saja, bisa dari buku maupun dari internet. Menguasai bahasa Inggris merupakan modal dasar kita dalam belajar dan menambah pengetahuan.

Aman saat traveling

Kita pasti senang bila traveling ke luar negeri. Namun, kemampuan komunikasi kerap menjadi kendala. Dengan menguasai bahasa Inggris kita tidak akan menjumpai kesulitan yang berarti saat melakukan traveling ke luar negeri.

Bahasa ilmiah

Ilmu pengetahuan dan teknologi dikembangkan  dan disebarkan menggunakan bahasa Inggris. Meskipun sehari-hari kita menggunakan bahasa Indonesia, tetapi saat kita menulis artikel ilmiah, kita harus menggunakan bahasa Inggris untuk menggunggahnya di internet.

Syarat lanjut kuliah

Kita pasti akan senang bila mendapat kesempatan menempuh jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Bahasa Inggris kerap menjadi syarat yang harus dipenuhi bila kita ingin melanjutkan kuliah ke jenjang yang lebih tinggi.  

Gaul

Dengan pergaulan yang luas dan dapat berkomunikasi dengan orang dari negara lain, some how, akan membuat kita terlihat lebih gaul dan keren. That’s ok, bila kita merasa belum fasih berbahasa Inggris, kita menggunakan bahasa Inggris secara campur dengan bahasa Indonesia.

Meningkatkan karier

Mempunyai pengetahuan dalam bahasa Inggris merupakan salah satu aset yang paling berharga untuk mengembangkan karier dan pekerjaan kita nantinya. Kemampuan kita dalam menguasai bahasa Inggris dapat mengantarkan kita untuk berkomunikasi dan menjalin hubungan dengan pihak yang dapat mendorong kita untuk meningkatkan karier dan pekerjaan kita.

Meningkatkan kepandaian

Dengan pengetahuan yang luas dan kemampuan berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris, tentu kita akan lebih pandai. Wawasan kita akan meningkat dan kita mampu menguasai informasi yang update.

Menaklukkan dunia internet

Internet telah menjadi bagian yang tidak lepas dari kehidupan kita. 80% informasi elektronik yang tersedia di internet menggunakan bahasa Inggris. Dengan menguasai bahasa Inggris, setidaknya kita mampu memahami dan menaklukkan dunia internet.

Nah, 15 alasan kuat mengapa kita harus menguasai bahasa Inggris telah terurai di atas. Tidak ada kata terlambat untuk memulai belajar bahasa Inggris bila kita merasa kemampuan kita masih rendah. It’s never too late to learn! Yuk, semangat meningkatkan dan mengasah kemampuan bahasa Inggris kita!

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*