Parents Wajib Baca! 4 Cara Asuh Orangtua yang Menghambat Kreativitas Anak

Sharing for Empowerment

Cobalah untuk lebih memberi kebebasan pada anak. Biarkan dia memilih, dan jelaskan konsekuensi dari masing-masing pilihannya. Cara asuh yang demikian akan melatih anak untuk berpikir, mana yang kira-kira paling baik untuk dirinya.

Menuntut anak menjadi sempurna

Meskipun maksudnya baik, tetapi menuntut anak untuk selalu berprestasi dan sempurna juga tidak baik dampaknya. Anak bisa jadi tertekan. Dan juga takut untuk bereksplorasi atau mencoba hal baru, karena orangtuanya selalu menuntut hasil yang bagus. Cara asuh seperti ini akan membuat anak enggan untuk berkembang jadi kreatif dan bermain di sisi aman saja.

Selalu menolak permintaan anak

Berlawanan poin di atas, selalu menolak permintaan anak juga dapat membuat kreativitas anak terhambat.  Bila selalu menuruti anak berdampak tidak baik, maka selalu menolak juga akan berdampak yang sama. Anak bisa jadi malah berpikir karena hasil pemikirannya selalu dibantah oleh orangtua. Ini akan terbawa hingga dewasa.

Semua orangtua pasti ingin memilih yang terbaik untuk anaknya. Sayangnya, mempunyai cara asuh yang sesuai dengan karakter anak dan perkembangan zaman memang diperlukan belajar seumur hidup. Jangan berhenti belajar menjadi orangtua yang makin baik ya, Ayah Bunda semuanya!




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*