Statistik Indonesia 2022: Ternyata Jumlah Kampus Swasta Paling Banyak di Indonesia

Diskusi, Belajar Kelompok
Mahasiswa IT Telkom Purwokerto (KalderaNews/Dok. IT Telkom Purwokerto)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Badan Pusat Statistik (BPS) merilis Statistik Indonesia 2022. Dalam laporan tersebut, terdapat 3.115 perguruan tinggi yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia pada 2021. Jumlah perguruan tinggi swasta (PTS) ternyata paling banyak.

Laporan ini merupakan data perguruan tinggi baik negeri maupun swasta yang berada di bawah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

BACA JUGA:

Dalam data tersebut juga terungkap bahwa jumlah perguruan tinggi di Indonesia pada 2021 berkurang 51 unit dari tahun sebelumnya. Di mana, pada tahun 2020 Indonesia memiliki 3.166 perguruan tinggi.

Jumlah kampus ini masih didominasi PTS. Dari 3.115 perguruan tinggi yang ada, 2.990 di antaranya berstatus swasta. Sementara itu, 125 lainnya merupakan perguruan tinggi negeri.

Jika dilihat berdasarkan persebaran wilayah, mayoritas perguruan tinggi berada di Pulau Jawa, yakni 1.489 unit. Sementara, Sumatera menempati posisi kedua dengan total 787 kampus, disusul Bali dan Nusa Tenggara dengan 173 unit.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*