Anak PTS, Bunda yang Stres! Ini Tip Dampingi Anak Ujian

Ilustrasi: Mendampingi anak belajar di rumah. (Ist.)
Ilustrasi: Mendampingi anak belajar di rumah. (Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Masa Penilaian Tengah Semester telah di depan mata. Saat pekan ujian ini, ketegangan tidak hanya dirasakan oleh anak, bunda juga mengalami stres. Namun demikian, bunda harus tetap melakukan dampingan pada Ananda menghadapi ujian.

Sebagian orangtua mengalami kebingungan karena tidak tahu cara yang tepat dalam membantu dan mendampingi anak. Alih-alih menemani anak belajar, orangtua yang panik malah dapat menambah beban anak menghadapi ujian.

BACA JUGA:

Inilah tip yang dapat dicoba bunda saat mendampingi anak ujian.

Asah keterampilan belajar anak

Orangtua harus sudah mengetahui keterampilan belajar anak sejak dini. Seringkali orangtua hanya menilai emampuan anak dari nilai yang mereka dapatkan saja. Padahal keterampulan belajar sangat penting dikuasai anak agar selalu berhasil dalam mengerjakan ujian dengan baik.

Bangun kepercayaan diri anak

Ajarkan anak untuk lebih berani dengan menunjukkan bahwa orangtua percaya mereka mampu melewati ujian dengan baik. Menyebarkan perasaan positif kepada anak akan sangat mendukung mereka meraih kesuksesan belajar. Anak dapat diberi kata-kata motivasi dengan membiasakan mereka mengatakan bahwa mereka bisa dan semangat.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*