Romo Bagus Laksana SJ Resmi Dilantik Jadi Rektor Universitas Sanata Dharma Yogyakarta




Romo Albertus Bagus Laksana SJ, S.S, Ph.D , Rektor Universitas Sanata Dharma (USD) Yogyakarta. (Dok.USD)
Romo Albertus Bagus Laksana SJ, S.S, Ph.D , Rektor Universitas Sanata Dharma (USD) Yogyakarta. (Dok.USD)

YOGYAKARTA, KalderaNews,com – Jumat, 25 Maret 2022, Romo Albertus Bagus Laksana SJ, S.S, Ph.D resmi dilantik sebagai Rektor Universitas Sanata Dharma (USD) Yogyakarta periode 2022-2026.

Rangkaian pelantikan diawali dengan ibadah secara Katolik yang dipimpin Uskup Agung Semarang Mgr Robertus Rubiyatmoko. Pelantikan digelar di Auditorium Driyarkara USD, Yogyakarta..

BACA JUGA:

Pengangkatan Romo Bagus Laksana sebagai Rektor USD berdasar surat Pengurus Yayasan Sanata Dharma Nomor: 1220/YYS/1-09/XI/2021 tertanggal 3 November 2021.

Romo Bagus Laksana, demikian sapaannya, adalah dosen di Fakultas Teologi USD sekaligus Dekan Fakultas Teologi USD. Ia seorang Pastor Jesuit yang telah lama berkecimpung dalam bidang sosial dan humaniora. Keterlibatan itu dia perlihatkan sejak studi di Sekolah Tinggi Filsafat (STF) Driyarkara Jakarta.

Di Fakultas Teologi USD, pria kelahiran Bantul, 25 Agustus 1972 ini mengampu mata kuliah Kristologi, Teologi Agama-agama (dalam bahasa Inggris), Pancasila, Alam Pikir Buddha, Alam Pikir Hindu, Budaya Indonesia, dan Globalisasi.

Dalam pelantikan ini juga diumumkan para wakil rektor USD periode 2022-2026, yaitu

  • Wakil Rektor 1: Prof. Ir. Sudi Mungkasi, Ph.D
  • Wakil Rektor 2: Dr. Yohanes Harsoyo, S,Pd, M.Si
  • Wakil Rektor 3:Dr. Titik Kristiyani, M.Psi
  • Wakil Rektor 4: Caecilia Tutyandari, Ph.D

Romo Bagus Laksana mengatakan, ada tiga hal yang hendak ia lakukan dalam periode rektoratnya. Pertama, USD yang tumbuh. “Tumbuh di sini bukan sekadar meraih prestasi-prestasi. Tetapi tumbuh menjadi lebih dalam pelayanan terhadap kemanusiaan. Menjadi lebih cerdas, humanis, dan peduli,” tegas Romo Bagus Laksana.

Kedua, USD yang terus berkreasi dan berinovasi. Energi kreativitas dan inovasi, kata Romo Bagus Laksana, harus terus lahir dan ditumbuhkembangkan dalam lingkungan civitas USD.

Ketiga, USD yang peduli. Romo Bagus Laksana menegaskan bahwa USD harus semakin peduli, agar akses pendidikan tinggi yang holistic dapat diperoleh oleh semua pihak, terutama mereka yang tertinggal dan tersingkir dalam masa pandemi ini.

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*