Fakta Menarik Seputar R.A. Kartini, Para Cewe Harus Tahu

R.A.Kartini
R.A.Kartini
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Bulan April bagi masyarakat Indonesia selalu identik dengan tokoh perempuan Indonesia, Raden Ajeng Kartini. Pahlawan wanita yang disebut sebagai pahlawan emansipasi ini terkenal dengan karyanya yang berjudul “Habis Gelap Terbitlah Terang”.

Tanggal kelahirannya diabadikan sebagai Hari Kartini di Indonesia untuk mengingat jasanya. Tanpa jasanya, perempuan Indonesia tidak akan maju dan dan modern seperti sekarang. Inilah fakta terkait Raden Ajeng Kartini.

BACA JUGA:

Namanya diabadikan sebagai nama jalan di Belanda

Bila di Indonesia nama pahlawan kerap diabadikan sebagai nama jalan, nama R.A. Kartini juga dijadikan nama jalan di Belanda. Namanya ini ada di beberapa kota di Belanda antara lain Utrecht, Venlo, Amsterdam, dan Haarlem.

Dianggap sebagai pahlawan kontroversial

Gelar pahlawan yang disandang oleh R.A Kartini ini dianggap kontroversial karena buku ‘Habis Gelap Terbitlah Terang’ tidaklah ditulis sendiri oleh Kartini, melainkan oleh J.H. Abdendanon dalam bahasa Belanda.

Terdapat 150 surat dalam buku tersebut, tetapi itu tidak semua ditampilkan karena banyak yang sifatnya sensitif. Para sejarahwan meragukan buku ini karena tidak ada bukti surat-surat Kartini tersebut. Buku tersebut terbit pada 1911 sebanyak lima kali cetakan dan pada cetakan terakhir terdapat tambahan surat Kartini. Pada tahun 1938, keluarlah buku yang sama versi Armijn Pane.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*