20 Ucapan Selamat Hari Kartini Berisi Wejangan yang Cocok untuk Milenial

R.A.Kartini
R.A.Kartini
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com â€“ Kita memperingati Hari Kartini setiap 21 April. Peringatan Hari Kartini berawal dari Keputusan Presiden Sukarno pada 1964.

Kala itu, Presiden Sukarno mengeluarkan Keputusan Presiden RI No. 108 Tahun 1964, pada 2 Mei 1964, yang menetapkan Kartini sebagai Pahlawan Kemerdekaan Nasional. Sukarno juga menetapkan tanggal 21 April sebagai Hari Kartini.

Tanggal 21 April dipilih sesuai dengan tanggal lahir Kartini yang jatuh pada tanggal 21 April 1879.

BACA JUGA:

Peringatan tersebut dibuat untuk mengenang jasa-jasa Kartini dalam memperjuangkan kesetaraan gender di Indonesia. Sejak itulah, peringatan Hari Kartini pun terus dilakukan hingga sekarang.

So, untuk mengenang jasa R.A. Kartini, tak ada salahnya mengirimkan ucapan Selamat Hari Kartini bertema wejangan yang cocok untuk milenial berikut ini:

  1. Jangan lagi ada yang merasa wanita tak ingin dikalahkan oleh pria. Sesungguhnya yang hendak dilawan Raden Ajeng Kartini bukan pria, tetapi pendapat kolot dan adat yang usang.
  2. Raden Ajeng Kartini selalu menggemakan pentingnya memiliki mimpi. Teruslah bermimpi, teruslah bermimpi, bermimpilah selama engkau dapat bermimpi! Bila tiada bermimpi, apakah jadinya hidup! Kehidupan yang sebenarnya kejam.
  3. Berhentilah mengeluh! Raden Ajeng Kartini tak menyukai orang-orang yang mengeluhkan hal-hal buruk dalam hidup. Menurutnya, Tuhan tak pernah memberikannya, kamulah yang membiarkannya datang.
  4. Wanita memiliki kebebasan dalam menjalankan kehidupannya sendiri. Raden Ajeng Kartini pun menegaskan bahwa sesungguhnya mereka tidak wajib patuh kepada siapapun, siapapun juga, kecuali terhadap suara batinnya, hatinya.
  5. Kesulitan dan kemudahan adalah paket lengkap dalam kehidupan. Raden Ajeng Kartini mengatakan bahwa terkadang, kesulitan harus kamu rasakan terlebih dulu sebelum kebahagiaan yang sempurna datang kepadamu.
  6. Gadis yang pikirannya sudah dicerdaskan, pemandangannya sudah diperluas, tidak akan sanggup lagi hidup di dalam dunia nenek moyangnya. Selamat Hari Kartini.
  7. Perjuangan Raden Ajeng Kartini sungguh besar memerdekakan kaum wanita di negeri ini. Sebagaimana yang beliau katakan: Jangan pernah menyerah jika kamu masih ingin mencoba, jangan biarkan penyesalan datang karena kamu selangkah lagi untuk menang.
  8. Raden Ajeng Kartini selalu menyangkal kemustahilan. Tiada barang mustahil di dunia ini! Dan sesuatu barang yang hari ini kita teriak-teriakkan mustahil sama sekali, besok merupakan kenyataan yang tidak dapat disangkal!
  9. Banyak hal yang bisa menjatuhkanmu. Tapi satu-satunya hal yang benar-benar dapat menjatuhkanmu adalah sikapmu sendiri. Menjadi wanita sejati harus paham semboyan Raden Ajeng Kartini ini.
  10. Jangan kau katakan saya tidak dapat, tetapi katakan saya mau. Itulah kunci Raden Ajeng Kartini memperjuangkan segala hak yang seharusnya dimiliki semua wanita di seluruh dunia.
  11. Mimpi takkan pernah menjadi kenyataan jika kamu hanya diam dan tetap nyaman dengan diskriminasi. Selamat Hari Kartini.
  12. Selamat Hari Kartini untuk seluruh wanita Indonesia, gapai cita-citamu seperti langit yang tinggi karena semangat kartini muda akan selalu lebih baik daripada sebelumnya dan itu akan selalu berada didalam hati Wanita Indonesia.
  13. Bagi Raden Ajeng Kartini hanya ada dua macam keningratan: keningratan pikiran dan keningratan budi. Tidak ada yang lebih gila dan bodoh menurut persepsi saya daripada melihat orang, yang membanggakan asal keturunannya. Apakah berarti sudah beramal soleh, orang yang bergelar Graaf atau Baron? Tidak dapat mengerti oleh pikiranku yang picik ini.
  14. Praktek teori “menderita dahulu baru bahagia” sangatlah berat penanggungannya! Raden Ajeng Kartini tak pernah setuju kebahagiaan tak bisa didapat tanpa penderitaan.
  15. Selamat Hari Kartini untukmu dan semoga kamu menjadi wanita yang lebih baik bagi bangsa Indonesia. Buatlah Tanah Airmu bangga. Tetap lah kuat melawan segala diskriminasi yang ada.
  16. Karena kami yakin pengaruh pendidikan besar bagi para wanita, agar wanita lebih cakap melakukan kewajibannya yang diserahkan alam sendiri ke dalam tangannya menjadi ibu pendidikan manusia yang pertama-tama. Selamat Hari Kartini.
  17. Wanita cantik ialah wanita yang membangun kekuatan dari masalah, tumbuh kuat dengan doa dan tersenyum selama berada dalam tekanan. Wanita hebat harus selalu mengingat kekuatan ini. Selamat Hari Kartini.
  18. Jangan biarkan kegelapan kembali datang jangan biarkan kaum wanita kembali diperlakukan semena-mena. Selamat Hari Kartini.
  19. Jadilah seperti RA Kartini, buat mimpimu tetap besar dan bekerja keras untuk meraihnya, Selamat Hari Kartini.
  20. Raden Ajeng Kartini berpesan bahwa saat membicarakan orang lain Anda boleh saja menambahkan bumbu, tapi pastikan bumbu yang baik.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu!




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*